TNI AD dalam kondisi siaga bencana di Kota Kupang

id Kodim Kupang

TNI AD dalam kondisi siaga bencana di Kota Kupang

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1604 Kupang, Nusa Tenggara Timur, Letkol (Inf) Sugeng Prihatin. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

"Kami memiliki lebih dari 350 orang anggota TNI AD yang siap digerakkan untuk membantu Pemerintah Kota dan Kabupaten Kupang apabila terjadi bencana alam," kata Letkol Sugeng Prihatin
Kupang (ANTARA) - Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1604 Kupang Letkol (Inf) Sugeng Prihatin menyatakan pihaknya telah menyiagakan 350 personelnya untuk digerakkan apabila terjadi bencana alam yang menimpa warga Kota dan Kabupaten Kupang.

"Kami memiliki lebih dari 350 orang anggota TNI AD yang siap digerakkan untuk membantu Pemerintah Kota dan Kabupaten Kupang apabila terjadi bencana alam," kata Letkol Sugeng Prihatin dalam rapat koordinasi mengantisipasi bencana alam akibat cuaca buruk di Kota Kupang, Rabu (8/1).

Dalam rapat yang dipimpin Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore, Sugeng Prihatin mengatakan ratusan anggota TNI AD tersebar diberbagai lokasi itu sudah dalam posisi siaga bencana untuk digerakkan dalam penanggulangan bencana alam.

Selain memiliki dukungan personel, Kodim 1604 yang membawahi wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang juga memiliki dukungan logistik yang dapat digunakan dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Logistik yang telah disiapkan, menurut mantan Dandim 1603 Sikka itu, seperti truk, tenda, dan dapur umum.

"Kami memang memiliki keterbatasan logistik, tetapi untuk personel sudah dalam kondisi siap untuk digerakkan apabila dibutuhkan saat terjadi bencana alam," ujarnya.
Cuaca ekstrem yang melanda Kota Kupang,menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Ia berharap, BPBD untuk meningkatkan kordinasi dengan jajaran Kodim 1604 apabila membutuhkan bantuan personel maupun logistik ketika terjadi bencana alam sebagai dampak cuaca ekstrem di daerah itu.