ANTARA gandeng Pemkot Kupang sebarkan informasi publik

id kerjasama dengan Antara

ANTARA gandeng Pemkot Kupang sebarkan informasi publik

Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jefrison Riwu Kore (kanan) bersama sejumlah kepala daerah yang ikut penandatanganan kerjasama dengan LKBN ANTARA di Jakarta, Jumat (7/2/2020). (Antara/HO- IMQ)

"Potensi di wilayah kami bisa tersebar ke pelosok negeri hingga mancanegara. Saat ini, masyarakat membutuhkan informasi mengenai perkembangan wilayah dan capaian kinerja," kata Walikota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore.
Jakarta (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur sepakat bekerja sama dalam memberikan layanan informasi kepada publik.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama dilakukan oleh Walikota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore dengan Direktur Keuangan, Umum dan MSDM Perum LKBN Antara Nina Kurinia Dewi, di Wisma ANTARA, Jakarta, Jumat, (7/2).

Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore mengatakan, kerja sama dengan ANTARA sangat bermanfaat bagi perkembangan wilayah Kota Kupang dan memberikan informasi bagi masyarakat di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Potensi di wilayah kami bisa tersebar ke pelosok negeri hingga mancanegara. Saat ini, masyarakat membutuhkan informasi mengenai perkembangan wilayah dan capaian kinerja," katanya.

Baca juga: Pemkab Manggarai kerja sama dengan LKBN ANTARA

Menurut Jefrison Riwu Kore, pihaknya telah membangun infrastruktur demi tercapainya kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini.

"Potensi Kupang sangat besar, asalkan kita semua dapat bekerja sama dengan baik, seberat apapun pekerjaan yang dilaksanakan, akan dengan mudah kita selesaikan," paparnya.
Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur Jefirstson R. Riwu Kore (kedua dari kanan) bersama Kepala Biro LKBN ANTARA Kupang Laurensius Molan (kanan) dan sejumlah kepala daerah saat berada di Kantor Berita ANTARA di Jakarta, Jumat (7/2/2020). (Antara/HO- IMQ)


Politisi partai Demokrat ini mengatakan, Pemerintah Kota Kupang menyambut baik kerja sama dengan LKBN Antara karena membuka peluang investasi dan tourism untuk datang dan berinvestasi di Kota Kupang guna meningkatkan kesejahteraan rakyat setempat.

Baca juga: Pemkot Kupang jalin kerja sama dengan Perum LKBN ANTARA

"Saya sangat apresiatif atas kerja sama dengan Perum LKBN ANTARA dengan sejumlah pemerintah daerah pada hari ini," katanya.

Kerja sama layanan informasi publik ini dilakukan juga dengan Pemerintah Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah dan Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Walikota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore, Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz dan Direktur Keuangan, Umum dan MSDM Perum LKBN ANTARA, Nina Kurnia Dewi, bersama CEO Antara Digital Media Darmadi di Wisma Antara, Jakarta.

Sementara itu, Bupati Pulang Pisau Edy, mengungkapkan kerja sama layanan informasi publik dengan ANTARA memiliki dampak yang besar.

"Pemerintah daerah bisa bertukar informasi mengenai perkembangan ekonomi, pariwisata maupun potensi daerah. Selain itu, masyarakat bisa terhindar dari berita hoak," ujar Edy.

Baca juga: DPRD Kota apresiasi kerja sama Pemkot Kupang-LKBN ANTARA

Menurut Edy, pada era revolusi industri, penyebaran informasi harus cepat dilakukan dan diketahui masyarakat.

"Kerjasama dengan ANTARA bisa mendukung kinerja pemerintah daerah. Wilayah kami memiliki potensi sawit yang besar serta lumbung padi bagi Kalimantan Tengah," kata Edy.

Sementara itu, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, mengatakan informasi di wilayah Kebumen bisa tersebar secara cepat melalui ANTARA. Informasi yang dipublikasikan oleh ANTARA bisa menumbuhkan nasionalisme yang tinggi.

"Nantinya, Kebumen bisa dikenal dunia dan investasi bisa meningkat. Potensi besar ini dapat dikembangkan bersama, antara pemerintah dan masyarakat sekitar," tutur Yazid.

Baca juga: ANTARA jadi sentral distribusi informasi terpercaya

Yazid menegaskan, Pemkab Kebumen mendukung agar destinasi wisata lokal dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami optimis Kabupaten Kebumen dapat menjadi tujuan para pengunjung yang datang dari berbagai daerah," kata Yazid.

Sedangkan Direktur Keuangan, Umum dan MSDM Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi, menyatakan melalui kerja sama layanan informasi publik, para pemimpin daerah bisa memberikan informasi terbaru.

"Informasi di daerah bisa disebarkan melalui jaringan ANTARA sehingga investor bisa mengetahui wilayah di Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan," tegasnya.

Nina Kurnia Dewi mengatakan, ANTARA sebagai Kantor Berita akan terus merenda berita-berita yang bermutu untuk nusantara dan dunia. Ia mengatakan, LKBN ANTARA tidak pernah membuat berita-berita hoaks, tetapi berita-berita yang berkelas untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Karena itulah fungsi kantor berita dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat lewat pemberitaan yang berkualitas dan akurat," kata Nina Kurinia Dewi.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar