Syahbandar Kupang gelar rapat pencegahan Corona

id virus corona

Syahbandar Kupang gelar rapat pencegahan Corona

KSOP Kelas III Kupang gelar rapat koordinasi antisipasi masuknya virus corona di NTT lewat kedatangan kapal pesiar MV Coral Adventure pada Sabtu (29/02/2020). (ANTARA/Kornelis Kaha)

Rapat koordinasi bersama itu bertujuan mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona melalui jalur laut dari kapal pesiar itu.
Kupang (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang menggelar rapat koordinasi antisipasi virus corona terkait rencana kedatangan kapal pesiar MV Coral Adventure di perairan Kota Kupang pada Sabtu (29/2).

Kepala Kantor KSOP Kelas III Kupang Aprianus Hangki usai rapat bersama tersebut di Kupang, Kamis (27/2) mengatakan bahwa rapat koordinasi bersama itu bertujuan mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona melalui jalur laut dari kapal pesiar itu.

"Rapat koordinasi ini dilaksanakan setelah adanya surat pemberitahuan dari PT Bimas Raya yang menyatakan soal kedatangan kapal pesiar dari Australia itu," katanya.

Rapat koordinasi itu melibatkan sejumlah pihak seperti Karatina Kesehatan Pelabuhan (KKP), pihak Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan beberapa pihak lainnya yang berkaitan dengan pencegahan masuknya kapal pesiar tersebut.
Wisatawan berjalan setibanya dengan kapal di Pulau Putri, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (27/2/2020). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww).
Dalam pembahasan bersama juga Kepala Kantor KSOP Kupang meminta agar segala sesuatu harus disiapkan seperti jumlah personelnya dan kendaraan yang harus disiapkan bagi penumpang kapal wisata itu jika terbebas dari virus corona.

"Tadi juga kita bahas soal tentang teknis pemeriksaan di atas kapal wisata itu nanti bagaimana ketika akan masuk ke perairan Kupang," tambah dia.

Rapat koordinasi yang digelar itu juga merupakan bagian dari sinergitas sejumlah pihak di Kota Kupang guna mencegah penyebaran virus mematikan lewat para wisatawan tersebut.

Ia juga mengatakan jumlah wisatawan yang akan datang ke Kupang menggunakan kapal pesiar itu berjumlah 47 orang dan akan bertolak dari Darwin Jumat (28/2) besok.

Puluhan wisatawan dari kapal MV. Coral Adnventure itu akan berwisata di Pantai Tablolong. Namun pihaknya akan memastikan terlebih dahulu apakah sejumlah wisatawan itu bebas dari virus corona atau tidak.
Sejumlah anggota TNI bersiaga di perairan sekitar Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (27/2/2020). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww).