Empat calon kepala daerah Manggarai Barat prioritas bangun desa

id NTT,Manggarai Barat, Pilkada Manggarai Barat

Empat calon kepala daerah Manggarai Barat prioritas bangun desa

Pasangan maria Geong-Selvianus Sukur saat melakukan pemaparan visi misi dalam debat terbuka di Labuan Bajo, Selasa (1/12) (Antara/ Benny Jahang)

Pembangunan wisata di desa guna mendorong pembangunan ekonomi masyarakat mengingat Manggarai Barat sudah menjadi kawasan destinasi wisata unggulan
Kupang (ANTARA) - Empat pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang maju dalam Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, memprioritaskan pembangunan di desa guna mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan keempat pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah saat debat terbuka dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat yang berlangsung secara virtual, Selasa, (1/12).

Pasangan Mari Geong-Silvianus Syukur bertekad menjadikan desa sebagai fokus pembangunan dengan memperhatikan karakter desa yang dibutuhkan masyarakat.

"Masyarakat Manggarai Barat banyak yang berdomisili di desa dengan beragam potensi daerah. Kami akan memaksimalkan semua potensi di desa untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sehingga pembangunan desa menjadi berkembang pesat,"tegasnya.

Berbagai potensi unggulan di desa seperti sektor pariwisata, peternakan, pertanian dan perkebunan akan lebih dioptimalkan sehingga geliat ekonomi masyarakat semakin bertumbuh.

"Basis ekonomi masyarakat desa itu adalah pertanian. Kami ingin membangun desa agar masyarakat desa mendapatkan hak-haknya seperti hak mendapatkan pembangunan ekonomi dan informasi dan infrastruktur secara baik serta sosial kemasyarakatan sebagai bentuk perlindungan kepada seluruh masyarakat di Manggarai Barat," tegasnya.

Ia juga mengatakan pembangunan sektor kesehatan juga dilakukan di desa-desa yang mengalami kesulitan dalam akses pelayanan kesehatan seperti kawasan pesisir pantai.

Baca juga: KPU Mabar pastikan pemungutan suara di TPS sesuai prokes

"Kami akan siapkan Puskesmas terapung untuk menjangkau pelayanan kesehatan di daerah pesisir pantai yang sulit terjangkau layanan kesehatan yang memadai," tegas Maria Geong.

Sementara itu pasangan Edistasius Endi-Yulianus Weng memiliki program desa khususnya pembangunan wisata dengan melakukan penataan terhadap potensi wisata di desa-desa.
Empat pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang maju dalam pilkada di Manggarai Barat mengikuti debat terbuka yang diselengarakan KPU Manggarai Barat, Selasa (1/12) (Antara/ Benny Jahang)


"Pembangunan wisata di desa guna mendorong pembangunan ekonomi masyarakat mengingat Manggarai Barat sudah menjadi kawasan destinasi wisata unggulan,"tegas Edistasius Endi.

Selain itu paket Adrianus Garu-Anggalinus Gapul akan melakukan penataan kawasan Kota Labuan Bajo, sebagai kota internasional serta mendorong pembangunan desa dengan meningkatkan pembangunan sektor pertanian dalam meningkatakan pendapatan warga desa.

Baca juga: Kapolres yakin Pilkada Manggarai Barat aman dan lancar

Hal serupa juga dilakukan pasangan Pantas Ferdinandus-Hj.Andi Riski Nur Cahya memrioritaskan pembangunan masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi pertanian, perkebunan dan perikanan.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar