Kapolres yakin Pilkada Manggarai Barat aman dan lancar

id Polisi, Pilkada, NTT, Kota Kupang, Labuan Bajo

Kapolres yakin Pilkada Manggarai Barat aman dan lancar

ilustrasi Aparat keamanan bersiaga di Manggarai Barat. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

...dari berbagai tahapan pilkada yang dilaksanakan di Manggarai Barat, semuanya berjalan dengan aman dan lancar
Kupang (ANTARA) - Pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang diyakini akan berjalan dengan aman dan lancar, kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Wibowo, Minggu (11/10).

"Alhamdullilah dari berbagai tahapan pilkada yang dilaksanakan di Manggarai Barat, semuanya berjalan dengan aman dan lancar, dan kita harapkan suasana seperti ini bisa terus berlangsung hingga pilkada dilaksanakan pada 9 Desember," katanya kepada ANTARA saat ditemui di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan pengamanan dan persiapan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Manggarai Barat yang akan diikuti oleh empat pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Ia mengakui bahwa memang beberapa tahun lalu, sempat ada konflik yang berujung pada pembakaran saat pelaksanaan pilkada, namun ia memastikan di pilkada tahun ini semuanya akan berjalan dengan aman.

Baik pihak kepolisian maupun TNI sendiri, ujar dia, sudah mengimbau seluruh calon pasangan bupati dan wakil bupati dan partai politik untuk bersama-sama menjaga Manggarai Barat dalam setiap tahapan pilkada.

"Dulu memang ada beberapa daerah yang rawan konflik, tetapi alhamdullilah sampai saat ini daerah-daerah tersebut masuk dalam daerah yang aman," tambah mantan Kapolres Rote Ndao itu.

Bambang menambahkan bahwa tentunya keamanan yang sudah ada itu bukan hanya karena kerja kepolisian saja, tetapi berkat bantuan dari TNI dan pemerintah daerah

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menyambangi tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk membantu mengimbau umatnya melalui mimbar di tempat-tempat ibadah untuk membantu kepolisian menjaga keamanan selama tahapan-tahapan pilkada di daerah itu.

Bambang berharap agar pelaksanaan pilkada di daerah itu berjalan lancar dan damai mengingat Manggarai Barat merupakan kawasan wisata yang harus dijaga ketenangannya untuk tetap menarik minat dari wisatawan yang hendak berkunjung.

Untuk diketahui pada 2020, di Provinsi Nusa Tenggara Timur akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur.

Baca juga: Polisi tindak tegas massa pendukung yang tak taat prokes
Baca juga: Zet Sony Libing harap Pilkada Manggarai berlangsung aman