Polda NTT-PT AGI kerjasama adakan oksigen bagi pasien Corona

id Tabung Oksigen, NTT, Kota Kupang

Polda NTT-PT AGI kerjasama adakan oksigen bagi pasien Corona

Dokumen - Petugas menaikan tabung oksigen yang kosong ke dalam kontainer di Kota Kupang, NTT, Jumat (29/01/2021) ANTARA/Kornelis Kaha.

Sudah ada pembicaraan dengan kami dan pembukaan cabang baru di Kota Kupang dijadwalkan pada bulan Februari ini, selain melayani kebutuhan oksigen dan gas medis bagi fasilitas kesehatan di Kota Kupang, juga akan diarahkan agar dapat melayani di kabupa
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menjalin kerjasama dengan PT. Aneka Gas Industri (AGI) Tbk dalam pengadaaan oksigen untuk penanganan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit akibat kelangkaan salah satu alat kesehatan di rumah sakit di provinsi tersebut.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif di Kupang, Senin, (1/2) mengatakan saat ini PT. AGI telah mempersiapkan perluasan jaringan dengan target melayani kebutuhan oksigen di NTT akibat penyebaran COVID-19 terus meningkat.

"Sudah ada pembicaraan dengan kami dan pembukaan cabang baru di Kota Kupang dijadwalkan pada bulan Februari ini, selain melayani kebutuhan oksigen dan gas medis bagi fasilitas kesehatan di Kota Kupang, juga akan diarahkan agar dapat melayani di kabupaten lain di NTT," katanya.

Orang nomor satu di Polda NTT itu menambahkan bahwa untuk tahap pertama pengadaan oksigen akan dilakukan untuk RS-RS yang ada di Kota Kupang saja, dan dilakukan secara bertahap.

"Semoga dengan adanya cabang baru di Kota Kupang dapat melayani kebutuhan oksigen dan gas medis di wilayah NTT," ujar Komandan berbintang dua itu kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan bahwa kebutuhan akan tabung oksigen di setiap rumah sakit di Kota Kupang dan bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri sejak pertengahan bulan Januari.

Hal ini diakibatkan oleh karena kasus pasien yang dirawat akibat COVID-19 terus bertambah sejak akhir Desember hingga saat ini.

Pemerintah daerah dan manajemen rumah sakit di NTT saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan antisipatif dikarenakan terdapat lonjakan permintaan tabung oksigen.

Beberapa rumah sakit melaporkan kehabisan tanki oksigen dan peningkatan permintaan berkali-kali lipat dikarenakan peningkatan jumlah pasien COVID-19.

Sepekan yang lalu juga, pihak Direksi dan Manajemen PT AGI telah mengunjungi Kota Kupang untuk bertemu dengan manajemen berbagai rumah sakit, di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S. K. Lerik dan juga Rumah Sakit Bhayangkara Kupang, untuk membahas perencanaan pengembangan infrastruktur gas oksigen medis serta estimasi jumlah pasokan yang dibutuhkan oleh kedua rumah sakit tersebut.

Kunjungan tersebut merupakan langkah pertama dari banyak kegiatan lainnya di masa depan yang akan dilaksanakan oleh AGI untuk mengatasi masalah keterbatasan oksigen medis di NTT.

Baca juga: Pengusaha tabung oksigen di Kupang kewalahan penuhi permintaan RS

Baca juga: Polda bangun posko siaga bencana


Sementara iru Direktur Penjualan dan Operasional AGI, Budi Susanto mengatakan bahwa PT AGI sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produsen gas industri dan medis terbesar di Indonesia.

“Melayani kebutuhan gas medis beserta infrastruktur pendukungnya merupakan salah satu keunggulan PT Aneka Gas Industri Tbk, dan sejak tahun lalu, kami bertekad untuk membantu memastikan kebutuhan oksigen medis terpenuhi dengan baik pada seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia yang saat ini sedang berjuang melayani pasien COVID-19," tambah dia.

"Pada hari Senin lalu (25/01), kami dengan bantuan Dinas kesehatan setempat telah melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit untuk melakukan evaluasi kebutuhan gas medis dan sarana penunjang yg dibutuhkan, dan ke depannya, kami akan terus bekerjasama dan berkoordinasi untuk mengatasi krisis oksigen ini," tutur dia.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar