Satgas Yonarmed 3/105 bentuk Taman Baca untuk anak-anak perbatasan

id NTT,Kabuapaten Timor Tengah Utara,Satgas Yonarmed 3/105 Tarik,RI,Timor Leste

Satgas Yonarmed 3/105 bentuk Taman Baca untuk anak-anak perbatasan

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol (Arm) Laode Irwan Halim saat meninjau anak-anak yang belajar di taman baca di Aula Pos Baen, Desa Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Jumat (5/2/2021). (FOTO ANTARA/HO-Satgas Yonarmed 3/105 Tarik)

Anak-anak didik kami kini bisa tetap belajar di luar jam sekolah lewat layanan taman baca ini, selain itu mereka juga mendapat pembinaan mental
Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Yonarmed 3/105 Tarik membentuk sebuah taman baca sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anak-anak di Desa Nainaban, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan kawasan perbatasan Republik Indonesia dengan negara Timor Leste (TL) .

"Kami ingin agar budaya membaca tetap tumbuh kuat di kalangan anak-anak di wilayah perbatasan RI-Timor Leste. Itu alasan kenapa layanan taman baca ini digelar," kata Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol (Arm) Laode Irwan Halim dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (5/2).

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik memanfaatkan Aula Pos Baen di Desa Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat itu untuk menghadirkan layanan taman baca bagi anak-anak di wilayah beranda NKRI itu.

Irwan Halim menjelaskan kebiasaan membaca yang tinggi akan berdampak positif bagi anak-anak tumbuh menjadi anak yang percaya diri, mandiri dan berwawasan luas.

"Kebiasaan membaca juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, sehingga kita berharap taman baca ini bisa merangsang kemampuan mereka," katanya.

Pihaknya mengapresiasi hadirnya layanan taman baca yang disambut antusias anak-anak setempat yang langsung berdatangan untuk membaca buku-buku yang disediakan.

Selain membaca, anak-anak juga dibina dan dimotivasi para personel Satgas Yonarmed agar mereka memiliki semangat berjuang yang tinggi dalam menggapai cita-cita.

"Sebisa mungkin kami membuat layanan taman baca ini menjadi sarana belajar anak-anak yang menyenangkan. Kami ingin anak-anak menjadi nyaman ketika sedang belajar di sini dengan menggabungkan metode belajar sambil bermain," kata Irwan Halim.

Sementara itu, Kepala sekolah SDK Yaperna Siman, Desa Nainaban, Elias Docarmo mengapresiasi dukungan Satgas Yonramed dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia anak-anak di wilayah itu melalui taman baca.

Baca juga: Warga perbatasan serahkan senjata api kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik

Baca juga: Satgas Yonarmed bantu warga seberangi jalan putus akibat banjir di TTU


"Anak-anak didik kami kini bisa tetap belajar di luar jam sekolah lewat layanan taman baca ini, selain itu mereka juga mendapat pembinaan mental," katanya.

Melalui pembinaan dari para personel Satgas Yonramed itu diharapkan membuat anak-anak di wilayah perbatasan tumbuh menjadi generasi yang berkarakter unggul dan berwawasan luas, demikian Elias Docarmo.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar