NTT dapat bantuan mobil laboratorium PCR

id Mobil, NTT, Kota Kupang

NTT dapat  bantuan  mobil laboratorium PCR

dok. Petugas kesehatan mengambil sampel dari hidung seorang warga yang mengikuti rapid tes antigen gratis di halaman RS tentara Wirasakti Kupang, NTT Jumat (5/2/2021).Rapid tes antigen gratis yang dilakukan sejak Rabu (3/2) dan akan berakhir pada Rabu (10/2) pekan depan dilaksanakan oleh Korem 161/Wirasakti Kupang untuk mendeteksi lebih diri penyebaran COVID-19 di kota itu.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Mobil PCR tersebut mampu melakukan pemeriksaan sampai 200 sampel swab per hari
Kupang (ANTARA) - Kementerian Kesehatan melalui Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, Jawa Timur memberikan bantuan satu unit kendaraan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dijadwalkan akan tiba di Kupang pada Senin (15/2) hari ini.

"Ia besok baru tiba di Kupang. Rencana hari ini tiba tetapi karena cuaca mundur sehari, " kata Kadis Perhubungan NTT Ishak Nuka kepada ANTARA di Kupang,Minggu.

Ia mengatakan bahwa dengan adanya kendaraan tersebut maka akan mempercepat pengambilan dan pemeriksaan sampel swab di Kota Kupang dimana jumlah kasus COVID-19 makin meningkat.

Ishak mengatakan bahwa sebenarnya ada tiga unit kendaraan Lab PCR yang diminta oleh Pemerintah NTT namun yang tiba baru satu.

"Pak wakil gubernur ada minta tiga unit kendaraan. Tetapi yang tiba nanti hanya satu saja, sementara dua lagi masih dalam proses," tambah dia.

Tiga unit itu dipersiapkan untuk Kota Kupang, di pulau Flores dan juga pulau Sumba.

Lebih lanjut Ishak menambahkan bahwa mobil PCR tersebut mampu melakukan pemeriksaan sampai 200 sampel swab per hari sehingga mempercepat pemerintah mengendalikan penularan COVID-19.

Dengan bantuan mobil PCR tersebut, Kota Kupang memiliki tiga laboratorium PCR, dua laboratorium PCR sebelumnya masing-masing di Rumah Sakit WZ Johannes dan Klinik Pratama Universitas Nusa Cendana.

Baca juga: PPKM mikro libatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Baca juga: TNI-Polri di NTT bagi APD kepada pengunjung dan pedagang pasar


Dari data gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Kupang, jumlah kasus COVID-19 di Kota Kupang sudah mencapai 3.379 kasus. Yang masih dalam perawatan mencapai 1874 kasus, yang sembuh 1.419 kasus dan yang meninggal sudah mencapai 86 kasus.