2.410 gardu listrik di NTT rusak akibat siklon tropis Seroja

id NTT,PLN NTT,badai siklon tropis seroja,kerusakan listrik

2.410 gardu listrik di NTT rusak akibat siklon tropis Seroja

Dampak kerusakan pemukiman penduduk maupun infrastruktur kelistrikan akibat badai siklon tropis Seroja yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur pada 3-4 Maret 2021. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Kami sedang bekerja tanpa henti untuk memperbaiki jaringan listrik yang terputus dan menginventarisir kerusakan guna mempercepat penyaluran listrik ke rumah warga
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat sebanyak 2.410 unit gardu listrik mengalami kerusakan akibat badai siklon tropis Seroja yang menerjang wilayah provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Kerusakan ribuan unit gardu ini tersebar di wilayah Kupang, Pulau Flores bagian barat dan timur, serta Pulau Sumba yang mengakibatkan listrik padam total," kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Agustinus Jatmiko di Kupang, Selasa, (6/4).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan dampak kerusakan infrastruktur kelistrikan akibat badai siklon tropis Seroja di NTT selama 3-4 Maret 2021.

Agustinus mengatakan badai ini menyebabkan kerusakan yang cukup berat pada infrastruktur kelistrikan termasuk 2.410 unit gardu. Hal ini yang menyebabkan proses penormalan membutuhkan waktu tertentu.

Setelah terjadi badai, lanjut dia, PLN langsung mengerahkan petugas secara masif untuk melakukan upaya pemulihan dengan tetap memprioritaskan keamanan dan keselamatan warga.

"Kami sedang bekerja tanpa henti untuk memperbaiki jaringan listrik yang terputus dan menginventarisir kerusakan guna mempercepat penyaluran listrik ke rumah warga," katanya.

Agustinus memastikan pemulihan aliran listrik segera dilakukan ketika banjir telah surut atau kondisi jaringan telah dipastikan aman.

Sementara untuk wilayah yang masih terdapat genangan atau banjir maka listrik belum dapat dialirkan demi keselamatan penduduk.

Baca juga: PLN kerahkan personel dari tiga provinsi bantu pemulihan listrik NTT
Baca juga: BMKG sebut posisi siklon tropis Seroja berada di Pulau Timor