PLN pulihkan pasokan listrik di Rote Ndao

id NTT, PLN NTT, Rote Ndao, pemulihan listrik, badai Seroja

PLN   pulihkan pasokan listrik di Rote Ndao

Sejumlah petugas PLN saat bekerja memulihkan pasokan listrik yang rusak akibat bencana badai siklon tropis Seroja di Kabupaten Rote Ndao, NTT. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

pascabencana itu kami langsung bergerak melakukan upaya percepatan pemulihan pasokan listrik terutama jaringan tegangan menengah
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali memulihkan pasokan listrik di Kabupaten Rote Ndao yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja.

"Pasokan listrik di Rote Ndao kini sudah pulih 100 persen setelah 256 unit gardu yang rusak telah berhasil dinyalakan kembali," kata Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Rote Ndao Sabinus Tawur dalam keterangan yang diterima, Selasa, (4/5).

Ia menjelaskan dampak badai Seroja di Rote Ndao sebelumnya cukup parah dan merata di semua wilayah yang mengakibatkan jaringan terputus, tiang listrik tumbang, dan gardu listrik rusak.

Dampak kerusakan itu mengakibatkan sebanyak 32 ribu pelanggan listrik di wilayah itu tidak bisa mengakses listrik PLN.

Sabinus mengatakan pascabencana itu pihaknya langsung bergerak melakukan upaya percepatan pemulihan pasokan listrik terutama jaringan tegangan menengah.

Ia menjelaskan pekerjaan memulihkan pasokan listrik memang tidak mudah karena berbagai kendala yang hadapi di lapangan, salah satunya jaringan komunikasi terputus sehingga kesulitan untuk berkomunikasi dengan rekan kantor maupun melaporkan kondisi kerusakan ke PLN Unit Induk Wilayah NTT di Kota Kupang.

Selain itu banyak pohon tumbang yang menimpa jaringan dan menutup akses jalan serta akses jalan ke wilayah Pukuafu, Rote Timur, yang tertutup akibat banjir rob.

"Kondisi ini membuat kendaraan tidak bisa lewat sehingga kami harus memikul material dengan berjalan kaki sekitar 10 kilometer," katanya.

Ia mengatakan namun demikian pemulihan listrik harus terus berjalan dengan dukungan 50 personel gabungan yang dikerahkan untuk percepatan pemulihan.

Sabinus pun menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan relawan yang sudah membantu memulihkan kondisi kelistrikan di Rote Ndao.

"Harapan kami masyarakat juga harus membantu PLN dengan cara merelakan pohon agar dipangkas karena jaringan PLN banyak yang jatuh ke tanah, tiang patah bukan karena angin tetapi karena tertimpa pohon," katanya.

Dengan pulihnya pasokan listrik di Rote Ndao ini maka satu per satu pasokan listrik di wilayah selatan NTT yang rusak akibat bencana berangsur pulih. Sebelumnya, PLN memulihkan pasokan listrik di Kabupaten Sabu Raijua.

Baca juga: PLN pulihkan pasokan listrik di Sabu Raijua
Baca juga: Rasio desa berlistrik di NTT mencapai 95,56 persen
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar