Warga Ruteng Diminta Waspadai Petir

id BMGK

Warga Ruteng Diminta Waspadai Petir

Badai hujan dan petir diperkirakan akan melanda Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai di Pulau Flores, NTT pada Sabtu (25/11). Masyarakat diminta untuk waspada.

Potensi hujan deras disertai dengan petir ini diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (25/11), sehingga warga Ruteng diminta untuk tetap waspada.
Kupang (Antara NTT) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang meminta masyarakat Ruteng di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur untuk mewaspadai hujan deras disertai dengan petir yang akan melanda wilayah tersebut.

Berdasarkan data prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Jumat, menunjukkan bahwa potensi hujan deras disertai dengan petir ini diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (25/11), sehingga warga Ruteng diminta untuk tetap waspada.

Data dari BMKG Stasiun El Tari Kupang juga mencatat bahwa suhu udara di wilayah NTT berada pada kisaran 20 - 31 derajat celcius, sedang untuk Kota Ruteng dan Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada di Pulau Flores, berkisar antara 17 - 26 derajat celcius.

Potensi hujan lokal terjadi di Ruteng disertai petir, sedang potensi hujan ringan lainnya juga terjadi di Atambua, ibu kota Kabupaten Belu, Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara serta Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Hujan lokal lainnya juga terjadi di SoE, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kota Kupang, Ba`a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao, Waibakul (Sumba Tengah), Waikabubak (Sumba Timur), Borong (Manggarai Timur), Mbay (Nagakeo), Ende (Ende), Larantuka (Flores Timur), Lewoleba (Lembata), Kalabahi (Alor) serta Oelamasi (Kupang).

BMKG Stasiun El Tari juga mencatat bahwa wilayah NTT tidak hanya dilanda hujan ringan, namun juga angin kencang dengan kecepatan antara 10 - 20 km/jam, yang bertiup dari arah Barat Daya menuju Selatan dan seterusnya ke Barat Laut dengan tingkat kelembaban antara 65 - 95 persen.