Kemenkominfo Bangun 19 BTS di Kabupatgen Kupang

id BTS

Kemenkominfo Bangun 19 BTS di Kabupatgen Kupang

Stefanus Baha (kanan), Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang saat mendampingi Bupati Kupang Ayub Titu Eki (kiri) dalam sebuah konferensi pers di Kupang.

Kementerian Kominfo membangun 19 menara BTS (Base Transceiver Station) dan 10 titik internet gratis di Kabupaten Kupang, NTT untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi secara luas.
Kupang (Antara NTT) - Kementerian Kominfo membangun 19 menara BTS (Base Transceiver Station) dan 10 titik internet gratis di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi secara luas.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Kabupaten Kupang Stef Baha kepada Antara di Kupang, Jumat, mengatakan, pembangunan fasilitas telekomunikasi ini dilakukan di kawasan perbatasan Kabupaten Kupang dengan Oecusee, Timor Leste, mulai 2018.

"Kominfo menyiapkan infrastruktur, sedangkan pemerintah daerah menyiapkan lahan dengan sistem pinjam pakai untuk mendukung program pembangunan 19 BTS di kawasan perbatasan dengan Timor Leste," kata Baha.

Penandatanganan pinjam pakai lahan untuk mendukung pembangunan BTS di Kabupaten Kupang itu telah dilakukan Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Achmad Latif bersama Bupati Kupang Ayub Titu Eki di Jakarta, 6 Desember 2017.

"Kesepakatan pinjam pakai lahan untuk pembangunan 19 BTS di kawasan perbatasan itu sudah dilakukan, sehingga proses pembangunanya mulai dilakukan tahun 2018," kata Baha.

Penandatanganan penyerahan lahan pinjam pakai juga dilakukan secara bersamaan dengan Pemerintah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan pembangunan 19 menara BTS itu dilakukan pemerintah pusat untuk memudahkan masyarakat di kawasan perbatasan Kabupaten Kupang dengan Timor Leste dalam mengakses data dan informasi.

"Pemerintah Kabupaten Kupang sangat mendukung program ini sehingga menyiapkan lahan untuk pembangunan 19 tower BTS agar masyarakat daerah ini bisa mendapatkan akses jaringan komunikasi seperti masyarakat di daerah lainnya," kata Baha.

Menurut Baha, selain membangun 19 tower BTS, Kementerian Kominfo juga akan membangun 10 lokasi sebagai pusat internet di Kabupaten Kupang sebagai bentuk pembangunan kawasan tertingal, terluar dan terdepan (3T).