Lantamal VII Kupang targetkan 1.000 orang divaksinasi COVID

id Lantamal VII Kupang, NTT, Kota Kupang,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Lantamal VII Kupang targetkan 1.000 orang divaksinasi COVID

Petugas vaksin dari Polda NTT dan TNI AL melaksanakan proses vaksin saat pelaksanaan vaksinasi di Markas Polda NTT, Kota Kupang, NTT Sabtu (26/6/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

...Hari ini kita laksanakan Serbuan Vaksinasi COVID-19 dalam mendukung program pemerintah, target vaksinasi kita per hari ini 1.000 orang divaksin
Kupang (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang menargetkan 1.000 orang divaksinasi COVID-19 dalam kegiatan vaksinasi masyarakat maritim yang digelar dalam rangka mendukung program pemerintah satu juta vaksinasi per hari.

"'Hari ini kita laksanakan Serbuan Vaksinasi COVID-19 dalam mendukung program pemerintah, target vaksinasi kita per hari ini 1.000 orang divaksin," kata Komandan Lantamal VII Kupang Laksma TNI IG. kompiang Aribawa kepada wartawan di Kupang, Selasa, (28/6).

Ia menjelaskan bahwa dalam vaksinasi itu pihaknya melibatkan juga personel dari Kepolisian Daerah NTT, membantu mempercepat vaksinasi yang digelar di Komplek Pelabuhan Tenau Kupang itu.

Komandan berbintang satu itu mengatakan bahwa ada tiga lokasi vaksinasi masyarakat maritim, yang pertama di kawasan Pelabuhan Tenau Kupang, yang kedua di Pelabuhan Perikanan Tenau Kupang, dan yang ketiga yakni di masyarakat pesisir di Desa Tablolong, Kabupaten Kupang.

"Alasan kita melakukan vaksinasi di kawasan pelabuhan karena memang daerah pelabuhan itu interaksi masyarakatnya sangat tinggi, sehingga potensi penularan COVID-19 itu sangat cepat," tambah dia.

Selain itu untuk pelabuhan ikan, vaksin COVID-19 diberikan kepada masyarakat nelayan, yang mana aktivitas nelayan juga sangat tinggi di pesisir pantai, sehingga terkadang para nelayan lupa untuk divaksin.

Sehingga Lantamal VII Kupang melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung tempat berkumpul para nelayan sehingga bisa disuntikkan vaksin COVID-19 guna mencegah penyebaran COVID-19.

Lebih lanjut, kata dia, dari target 1.000 orang divaksin COVID-19 di tiga lokasi itu, diharapkan jumlahnya bisa lebih sehingga mendukung program satu juta vaksin per hari.

Pelaksanaan vaksinasi ini sendiri, ujar dia, bertujuan untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai macam virus khususnya COVID-19 yang kini untuk wilayah Kota Kupang kasusnya semakin meningkat.

Wali Kota Kupang Jefry Riwu Kore yang hadir langsung dalam pelaksanaan vaksinasi itu mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi upaya dari TNI Polri yang ikut mendukung program vaksinasi.

Baca juga: Lantamal VII Kupang kerahkan KRI gelar vaksinasi di daerah pesisir

"Dengan adanya dukungan dari TNI ini tentunya akan membantu kami dalam hal mempercepat  vaksinasi di Kota Kupang ini," ujar dia.

Baca juga: Polda NTT siapkan 128 tempat layanan vaksinasi COVID
Iapun mengimbau warga yang sudah divaksin tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan prokes lainnya.