Kota Kupang butuh BLK

id GOSA

Kota Kupang butuh BLK

Kepala Dinas Nakertrans Kota Kupang Gosa Yohanes (ANTARA Foto/Benny Jahang)

Dinas Nakertrans Kota Kupang membutuhkan BLK untuk meningkatkan keterampilan kerja bagi para pencari kerja yang ada di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini untuk mengurangi pengangguran.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang membutuhkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan keterampilan kerja bagi para pencari kerja yang ada di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini untuk mengurangi pengangguran.

"Pertumbuhan ekonomi di daerah ini terus meningkat dengan cepat sehingga diperlukan tenaga kerja yang memiliki keterampilan. Ini yang perlu kita persiapkan, namun harus didukung dengan fasilitas BLK," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang Gosa Yohannes ketika dihubungi Antara di Kupang, Sabtu (24/3).

Selama ini Disnakertrans Kota Kupang melakukan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja dengan memanfaatkan fasilitas pelatihan milik UPT BLK Provinsi NTT.

Menurut dia, pemerintah Kota Kupang sedang mempersiapkan usulan kepada Pemerintah Pusat guna mendapat dukungan anggaran pembangunan BLK di kota ini.

"Kami sedang mempersiapkan proposal bantuan dana pembangunan BLK. Pembangunan BLK itu tidak bisa mengandalkan dana APBD Kota Kupang karena biayanya sangat besar sehingga butuh bantuan pemerintah pusat," tegas Yohannes.

Baca juga: BLK Bekali Keterampilan 128 Calon Tenaga Kerja
Baca juga: BLK Latih Calon Tenaga Kerja
Para pencari kerja sedang mengikuti kursus menjahit di BLK NTT (ANTARA Foto/dok)

Menurut dia, apabila BLK telah tersedia maka proses pelatihan keterampilan terhadap pencari kerja akan dilakukan secara terpusat di Kupang untuk berbagai keterampilan seperti kursus menjahit, mekanik, las, serta kursus kecantikan.

"Termasuk melakukan pelatihan terhadap calon tenaga kerja yang akan bekerja ke luar negeri. Ini target utama kami, karena mengirim TKI ke luar negeri tanpa memiliki keterampilan, akan menjadi sapi perahan bagi para majikan di tanah rantau," katanya.

Ia menambahkan Pemerintah Kota Kupang memiliki beberapa program pelatihan dalam mendorong peningkatan keterampilan bagi pencari kerja di daerah itu seperti pelatihan pertukangan, pelatihan tentang tata boga serta mekanik.

Selain itu, ada juga kursus salon kecantikan yang dilakukan secara cuma-cuma bagi pencari kerja di daerah itu. "Apabila para pencari kerja sudah memiliki keterampilan maka bisa membuka usahanya secara mandiri," ujarnya.