Bea Cukai Labuan Bajo ekspor perdana Moringa melalui Bandara Komodo

id bea cukai,ekspor,labuan bajo,manggarai barat,NTT

Bea Cukai Labuan Bajo ekspor perdana Moringa melalui Bandara Komodo

Bea Cukai Labuan Bajo melakukan ekspor perdana melalui Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (26/9/2021) (ANTARA/Ho-Bea Cukai Labuan Bajo)

...​​​​​​​Bea Cukai Labuan Bajo siap memberikan asistensi melalui layanan klinik ekspor
Labuan Bajo (ANTARA) - Bea Cukai Labuan Bajo telah melakukan ekspor perdana produk Moringa Powder melalui Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Ekspor ini merupakan ekspor pertama kali yang dilayani oleh Bea Cukai Labuan Bajo dan output dari program Gerakan Flores Mengeskpor yang dicanangkan Bea Cukai Labuan Bajo sejak akhir tahun 2020," kata Kepala Kantor Bea Cukai Labuan Bajo Tommy Hutomo dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (27/9).

Ekspor perdana produk Moringa Powder melalui Bandara Komodo pada Minggu (26/9) dilakukan oleh CV Surga Timur Indonesia. produk Moringa Powder dengan berat 33 kilogram tersebut diekspor ke Hongkong dan Singapura menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Hutomo menjelaskan kegiatan ekspor perdana tersebut dapat berjalan berkat sinergi dengan berbagai pihak yakni pemerintah daerah, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Otoritas Bandara Komodo, dan Karantina Pertanian Ende.

Dia berharap langkah kecil tersebut dapat menjadi awal yang baik bagi pertumbuhan kegiatan ekspor khususnya di Manggarai Barat dan wilayah sekitar Flores. Menurut dia, ekspor perdana ini bisa menjadi langkah besar berikutnya untuk mewujudkan ekspor produk-produk unggulan di Flores.

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengaku bersyukur atas keberhasilan ekspor perdana dari Bandara Komodo di Manggarai Barat. Dia optimis akan ada kegiatan ekspor yang lebih besar lagi dari wilayah yang ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas ini.

Baca juga: Penerimaan bea-cukai semester I di NTT lampaui target

Pemilik CV Surga Timur Indonesia Lieta Isomartana juga memberikan apresiasi atas dukungan Bea Cukai Labuan Bajo. Dia mengaku keberhasilan ekspor mandiri tersebut bisa dilakukan atas dampingan Bea Cukai Labuan Bajo.

Baca juga: NTT-Bali berpotensi jadi pasar peredaran rokok ilegal

Sebagai upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Labuan Bajo memiliki program Gerakan Flores Mengekspor. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi atau melakukan kegiatan ekspor dapat menghubungi Bea Cukai Labuan Bajo.

"Bea Cukai Labuan Bajo siap memberikan asistensi melalui layanan klinik ekspor," tandas Hutomo.