DPRD NTT: Perlu dukungan pusat majukan pariwisata

id Kuda

Presiden Joko Widodo pada saat berlangsungnya Festival Kuda Sandelwood di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Perlu dukungan politik Pemerintah Pusat untuk memajukan pariwisata di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.
Kupang (AntaraNews NTT) - Anggota Komisi V DPRD Nusa Tenggara Timur Yunus Takandewa mengatakan perlu dukungan politik Pemerintah Pusat untuk memajukan pariwisata di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Paling tidak, kegiatan pariwisata nasional yang akan dihelat di daerah, dilakukan launching secara nasional agar gaungnya lebih mendunia," kata Yunus Takandewa kepada Antara di Kupang, Jumat (25/5) terkait pembangunan pariwisata di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kita berharap Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Pariwisata agar melakukan komunikasikan intensif dengan Pemerintah Pusat, sekiranya bisa mendukung pemerintah provinsi dalam mendorong beberapa kegiatan pariwisata daerah," katanya.

Dia yakin, Pemerintah Pusat pasti akan memberikan atensi untuk NTT sebagai destinasi unggulan nasional.

"Buktinya kehadiran Presiden Jokowi saat parade 1001 kuda dan festival tenun ikat 2017 yang lalu di Sumba merupakan dukungan politik pemerintah pusat bahwa pariwisata merupakan salah satu upaya pencapaian kesejahteraan rakyat ," katanya.

Untuk itu, dibutuhkan kemauan dan kerja tuntas untuk meyakinkan pemerintah pusat dengan keunikan NTT dalam ragam budaya, sosial etnik, alam dan bahari yang sangat unik di dunia, katanya.

Dia mengatakan, beberapa iven bergengsi yang selama ini telah menjadi unggulan NTT pastinya akan semakin semarak jika mendapat dukungan politik pemerintah pusat.

"Di iven inilah rakyat akan memberikan dukungan partisipasinya guna menggerakkan ekowisata dan usaha kecil menengah berbasis kebudayaan lokal," katanya menambahkan.

Baca juga: Terorisme bisa berdampak pada pariwisata
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar