NTT ekspor 18,2 ton ikan kering

id Ikan

NTT ekspor 18,2 ton ikan kering

Permintaan ikan kering dari negeri seberang Timor Leste meningkat. (ANTARA Foto/dok)

Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang mencatat Provinsi Nusa Tenggara Timur mengekspor komoditi ikan kering sebanyak 18,2 ton ke negara tujuan Timor Leste pada Mei 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang mencatat Provinsi Nusa Tenggara Timur mengekspor komoditi ikan kering sebanyak 18,2 ton ke negara tujuan Timor Leste pada Mei 2018.

"Sejauh ini Timor Leste masih mendominasi permintaan komoditi ikan kering yang diekspor dari NTT, terakhir sebanyak 18,2 ton yang dikirim ke sana pada Mei 2018," kata Kepala KIPM Kupang Jimmy Elwaren di Kupang, Sabtu (9/6).

Pihaknya mencatat nilai ekspor ikan kering ke negara tetangga yang berbatasan wilayah secara langsung dengan NTT di Pulau Timor itu sebesar 52.336 dolar AS.

Ia mengatakan komoditi ikan kering yang diekspor sebagian besar merupakan hasil produksi dari provinsi setempat, selain itu ada pula yang didatangkan dari Kalimantan namun jumlahnya tidak signifikan.

Baca juga: Ikan kering ekspor primadona NTT ke RDTL
Baca juga: Ekspor ikan kering ke Timor Leste meningkat


Produk ikan kering, lanjutnya, sejauh ini selalu mendominasi jumlah komoditi perikanan yang diekspor ke Timor Leste, bahkan negara tersebut sejauh ini menjadi satu-satunya yang paling konsisten meminta komoditi ikan kering. 

Beberapa komoditi lain yang juga diekspor pada Mei 2018 seperti ikan anggoli beku, kerapu beku, lencam, layur, dan tuna beku. "Yang paling dominan itu ikan kering, sementara komoditi lainnya itu berkisar di bawah 2 ton. Semuanya dikirim melalui jalur darat lewat pos perbatasan di Pulau Timor," katanya.

KIPM Kupang mencatat, ekspor ikan kering pada Mei tercatat menurun dibandingkan pada April 2018 sebanyak 28 ton lebih. "Jumlah yang diekspor berubah-ubah tergantung permintaan dari negara buyer (pembeli) sesuai kebutuhan mereka," katanya.

Ia menambahkan ikan kering merupakan top lima komoditi ekspor dari provinsi setempat pada Mei 2018 selain ikan cakalang asap, cakalang beku, tuna loin, dan lencam beku. Tujuan ekspor ke berbagai negara selain Timor Leste yakni, Jepang, China, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Baca juga: 17 ton ikan kering diekspor ke Timor Leste