Jumat ditetapkan sebagai English Day di sekolah

id Filmon

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Filmon Lulupoy.

Penerapan program berbahasa Inggris atau English Day akan dilaksanakan setiap hari Jumat mulai dari SD sampai SMP.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Filmon Lulupoy mengatakan, penerapan program berbahasa Inggris atau English Day akan dilaksanakan setiap hari Jumat mulai dari SD sampai SMP.

"Kami sudah menetapkan hari Jumat sebagai hari berbahasa Inggris, sehingga pada tahun ajaran baru 2018, program English Day akan diterapkan pada semua sekolah di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur," katanya kepada wartawan di Kupang, Minggu (10/6).

Ia mengatakan, program English Day yang diluncurkan pemerintah Kota Kupang pada Mei 2018 lalu telah siap dilaksanakan di sekolah-sekolah di daerah ini.

"Kami telah melatih 100 orang guru bahasa Inggris sebagai persiapan penerapan program Engglis Day di sekolah. Program ini harus dilaksanakan pada tahun ini karena merupakan program pemerintah Kota Kupang," tegas Filmon.

Menurut dia, penerapan hari berbahasa Inggris di sekolah penting dilakukan agar generasi muda Kota Kupang memiliki kemampuan berbahasa internasional.

Baca juga: Sekolah harus konsisten terapkan English Day

Ia mengatakan, secara geografis Kota Kupang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste sehingga generasi muda Kota Kupang perlu membekali diri dengan kemampuan bahasa Inggris dalam menghadapi era globalisasi ke depan.

"Apabila bertemu dengan orang asing bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris secara baik, apalagi NTT sudah menjadi daerah tujuan wisata internasional," kata Filmon.

Filmon mengatakan, pada hari Jumat semua sekolah akan melakukan praktik berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan ketika jam belajar berlangsung.

Menurut dia, pemerintah Kota Kupang, telah menetapkan SMP Katolik St.Theresia, sebagai sekolah model penerapan Engglis Day di sekolah.

Sementara itu pakar pendidikan Petrus Ly mengatakan, para guru di lembaga pendidikan di Kota Kupang harus konsisten dalam melaksanakan program hari berbahasa Inggris atau English Day di sekolah.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang ini mengatakan, penerapan hari berbahasa Inggris di sekolah penting dilakukan guna memunculkan generasi muda intelektual di Kota Kupang yang mampu berbahasa Internasional.

Baca juga: Program English Day bagi guru di Kota Kupang
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar