Program English Day bagi guru di Kota Kupang

id HERMAN

Program English Day bagi guru di Kota Kupang

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man (kedua dari kiri) foto bersama sejumlah guru Bahasa Inggris di Kota Kupang usai pencanangan program Engglish Day bagi para guru di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (30/5). (ANTARA Foto/Benny Jahang)

Dinas Pendidikan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mencanangkan program English Day bagi para guru di lembaga pendidikan yang ada di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Pendidikan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mencanangkan program English Day bagi para guru di lembaga pendidikan yang ada di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.

"Bahasa Inggris sangatlah penting dalam era globalisasi seperti ini, sehingga para pelaku pendidikan di Kota Kupang wajib menguasai bahasa Inggris secara baik dan benar dalam melakukan aktivitasnya di lingkungan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Filmon Lulupoy kepada wartawan usai pencanangan program English Day bagi guru-guru di Kota Kupang, Rabu (30/5).

Ia mengatakan, pelaku pendidikan merupakan ujung tombak dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga harus memiliki komitmen dan wawasan yang luas agar kualitas pendidikan di ibu kota Provinsi NTT ini menjadi lebih baik.

Menurut dia, program sehari menggunakan bahasa Inggris dalam seminggu itu mulai diterapkan disemua lembaga pendidikan pada tahun 2018.

Lebih lanjut Filmon menambahkan, program Engish Day tidaklah sulit, karena orang-orang di lembaga pendidikan setempat yang menggunakan bahasa Inggris di sekolah.

Baca juga: Pilkada 2018 - Pendidikan gratis harus disertai dengan fasilitas

"Mulai dari hal-hal yang mudah seperti memberikan ucapan selamat pagi dalam bahasa Inggris kepada para guru. Para guru juga perlu berbahasa Inggris dengan siswa di ruangan kelas. Apabila hal-hal seperti ini dilakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan dalam lingkungan sekolah itu," tegas Filmon.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man dalam sambutanya saat pencanganan program Engglish Day bagi para guru itu mengatakan dalam era globalisasi persaingan akan semakin ketat yang menuntut seseorang memiliki kemampuan lebih.

Para siswa, kata Herman, bukan hanya dituntut cerdas namun wajib memiliki kemampuan yang lebih seperti mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

"Salah satu kemampuan yang harus dimiliki para siswa adalah mampu berbahasa Inggris, sehingga mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA anak-anak harus mulai diajarkan bahasa Inggris agar mampu bersaing kedepannya," katanya.

Baca juga: Pendidikan di NTT Semakin Berkembang