Ratusan ribu warga Kabupaten Kupang telah divaksinasi COVID-19

id NTT,vaksinasi lansia

Ratusan ribu  warga Kabupaten Kupang telah divaksinasi COVID-19

Seorang petugas vaksinator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Provinsi nusa Tenggara Timur sedang melakukan vaksinasi COVID-19 bagi seorang lanjut usia di daerah itu beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

"Perbedaaan vaksinasi dosis pertama dengan kedua sangat jauh. Kami masih terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua,
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan 184.999 orang telah mendapat vaksinasi dosis pertama COVID-19 guna mencegah terjadinya penularan COVID-19 di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Robert Amheka ketika dihubungi di Kupang, Selasa, (18/1) menjelaskan pemberian vaksinasi COVID-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua masih terus dilakukan sehingga target capaian vaksinasi 70 persen bisa terwujud.

Ia mengatakan, cakupan vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama baru menyentuh 184.999 sasaran atau 65,74 persen dari 282 sasaran wajib vaksinasi di Kabupaten Kupang.

Menurut Robert Amheka, cakupan vaksinasi untuk dosis kedua di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu hingga saat ini baru dilakukan terhadap 111.141 orang sasaran atau 39,49 persen.

"Perbedaaan vaksinasi dosis pertama dengan kedua sangat jauh. Kami masih terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua," kata Robert Amheka.

Baca juga: Pemkab Sikka siapkan 50 ribu dosis vaksin penguat
Baca juga: Ini enam jenis booster vaksin COVID-19 yang disetuji BPOM


Dia menambahkan untuk vaksinasi bagi warga lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Kupang telah dilakukan terhadap 15.370 orang dan dosis kedua 7.882 orang.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Kupang tetap menggandeng TNI/Polri dalam melaksanakan pemberian vaksinasi COVID-19.

Dia berharap masyarakat Kabupaten Kupang yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 baik vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama maupun kedua untuk segera melakukan vaksinasi sehingga tidak mudah terinfeksi virus Corona.

Robert Amheka juga berharap masyarakat Kabupaten Kupang untuk tetap mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan tetap menggunakan masker dan menghindari kerumunan guna mengantisipasi penularan virus Corona.