1.425 orang berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada H+3 Idul Fitri

id Pelindo, pelabuhan tenau, Kota Kupang,NTT

1.425 orang berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada H+3 Idul Fitri

Sejumlah pemudik menunggu jadwal keberangkatan di kawasan Pelabuhan Tenau Kupang .ANTARA FOTO/Kornelis Kaha. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

"Kalau dilihat pergerakan pemudik di Pelabuhan Tenau hari ini sepertinya sudah puncaknya karena jarang terjadi sebanyak ini untuk penumpang naik
Kupang (ANTARA) - Pos Koordinasi Angkutan Lebaran 2022 Pelabuhan Tenau Kupang melaporkan bahwa jumlah pemudik yang berangkat melalui pelabuhan itu menggunakan KM Bukit Siguntang pada H+3 Lebaran atau Jumat (6/5) mencapai 1.425 orang.

"Jumlahnya banyak sekali hari ini jika dibandingkan pemudik yang tiba di Kupang," kata General Manager PT Pelindo Kupang Agus Nazar di Kupang, Jumat (6/5).

Ia mengatakan bahwa dengan jumlah pemudik yang mencapai 1.425 orang itu menunjukkan terjadi kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan situasi arus balik pada tahun 2021 lalu atau naik mencapai 500 persen.

"Kalau dilihat pergerakan pemudik di Pelabuhan Tenau hari ini sepertinya sudah puncaknya karena jarang terjadi sebanyak ini untuk penumpang naik," tambah dia.

Baca juga: Arus balik melalui Bandara El Tari naik 100 persen
Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tenau naik 400 persen dibanding 2021


Lebih lanjut, kata dia, untuk pemudik yang tiba menggunakan KM Bukit Siguntang hanya mencapai 899 pemudik saja.

Sementara itu berdasarkan jadwal kapal penumpang Pelni pada Sabtu (7/5) besok akan ada satu lagi jadwal kapal yang akan tiba di Pelabuhan Tenau Kupang.

Pelni Kupang sendiri juga menyiapkan lima unit kapal penumpang untuk mendukung arus mudik dan arus balik di wilayah NTT.

Lima unit kapal Pelni itu adalah kapal-kapal yang selama ini melayani masyarakat di NTT. Lima unit kapal penumpang itu adalah KM Awu, KM Wilis, KM Bukit Siguntang, KM Umsini, dan KM Sirimau.