PLN NTT gandeng Lantamal optimalkan FABA bangun infrastruktur

id FABA,pemanfaan FABA NTT,produksi FABA NTT,PLN NTT,Lantamal Kupang,PLN-TNI kerja sama,NTT,PLTU Bolok

PLN NTT gandeng Lantamal optimalkan FABA bangun infrastruktur

General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko (kanan) bersama Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heribertus Yudho Warsono berposes sambil menunjukkan dokumen kerja sama pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA). (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Ini merupakan bentuk komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan...
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menggandeng Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) VII Kupang untuk mengoptimalkan pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) untuk membangun infrastruktur.

"PLN mempunyai sumber daya dimana sebelumnya dianggap limbah yaitu FABA dari PLTU yang manfaatnya belum maksimal digunakan di NTT karena itu kami bekerja sama dengan pihak Lantamal Kupang," kata General Manager PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko di Kupang, Jumat, (20/5/2022).

Ia menjelaskan melalui kerja sama ini, pihak Lantamal Kupang akan memanfaatkan pasokan FABA atau abu sisa pembakaran material dari PLTU Bolok sebagai bahan material untuk membangun infrastruktur sipil di lingkungan Lantamal dan sekitarnya.

PLTU Bolok di Kabupaten Kupang, Pulau Timor, sendiri menghasilkan abu sisa pembakaran dalam bentuk FABA mencapai sebanyak 6.240 ton.

FABA tersebut akan diolah untuk menghasilkan berbagai jenis material seperti bata interlock dan paving, bahan campuran pembuatan batako dan bahan campuran beton.

Jatmiko mengatakan, sudah banyak kegiatan PLN yang telah didukung TNI sehingga ia meyakini kolaborasi bersama Lantamal Kupang ini dapat mencapai hasil yang diharapkan untuk mendukung pembangunan di NTT.

"Dengan dukungan TNI melalui kerjasama ini, kami harapkan pemanfaatan FABA dapat lebih menyentuh dan dirasakan masyarakat terutama di Pulau Timor," katanya.

Ia menambahkan upaya PLN dalam meningkatkan pengelolaan limbah FABA PLTU terus dilakukan dengan berbagai instansi dan UMKM yang ada sehingga dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Baca juga: Lanal Maumere manfaatkan FABA PLTU untuk bangun area pangkalan

Sementara itu, Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Heribertus Yudho Warsono mengapresiasi langkah PLN yang terus aktif dalam pengelolaan FABA untuk pembangunan infrastruktur.

Ia mengatakan kesepakatan kerja sama yang dilakukan merupakan wujud kepedulian PLN dan TNI AL untuk bergerak bersama mensejahterakan masyarakat di NTT melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Baca juga: FABA dari PLTU Ropa dimanfaatkan untuk bangun jalan

"Ini merupakan bentuk komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat," katanya.