Bupati Manggarai dorong kades intensifkan penanganan stunting

id NTT,kekerdilan,manggarai

Bupati Manggarai dorong kades intensifkan penanganan stunting

Bupati Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Heribertus Nabit (ANTARA/Benny Jahang)

Penanganan stunting belum bisa dilihat langsung manfaatnya dalam satu atau dua tahun mendatang, namun baru bisa dilihat 10 atau 15 tahun mendatang...
Kupang (ANTARA) - Bupati Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Heribertus Nabit mendorong seluruh kepala desa di daerah itu untuk melakukan berbagai strategi sebagai upaya mengintensifkan penanganan stunting.

"Peran para kepala desa sangat dibutuhkan dalam upaya penanganan stunting melalui berbagai strategi yang dilakukan di desa sehingga desa-desa bisa bebas dari kasus kekerdilan anak," katanya di Ruteng, Jumat, (10/6/2022).

Bupati Heribertus Nabit mengatakan hal itu dalam kegiatan rembuk kekerdilan tingkat Kabupaten Manggarai yang berlangsung di Ruteng, Jumat.

Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan kekerdilan secara bersama-sama antarperangkat daerah penanggung jawab layanan dengan sektor atau lembaga nonpemerintah dan masyarakat serta terlaksananya konfirmasi, sinkronisasi dan sinergitas hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan.

Bupati Heribertus mengatakan kegiatan rembuk kekerdilan merupakan satu hal yang penting dalam rangka percepatan pencegahan dan penanganan stunting di kabupaten itu.

"Penanganan stunting belum bisa dilihat langsung manfaatnya dalam satu atau dua tahun mendatang, namun baru bisa dilihat 10 atau 15 tahun mendatang," katanya.

Heribertus mengatakan sangat bersyukur karena perhatian pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTT sangat besar untuk isu penanganan stunting.

"Kami mengajak semua pihak untuk memanfaatkan masa-masa ini. Apalagi banyak juga lembaga nonpemerintah yang mau berkontribusi. Para kepala desa juga harus memberikan perhatian terhadap masalah stunting di wilayahnya masing-masing dengan melakukan berbagai strategi untuk penanganannya," katanya.

Ia mengatakan, para kepala desa agar terus mengintensifkan kegiatan pelayanan posyandu untuk pemeriksaan balita dan ibu-ibu hamil dalam mendeteksi dini adanya anak-anak yang mengalami stunting.

Baca juga: 131 warga desa di Mabar manfaatkan hutan kemasyarakatan

Baca juga: Bupati Mabar optimis pembangunan RSUD Komodo menuju tipe A

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati Manggarai dorong kepala desa intensifkan penanganan stunting