Bupati Mabar optimis pembangunan RSUD Komodo menuju tipe A

id Rsud komodo wings internasional, labuan bajo, manggarai barat, NTT

Bupati Mabar optimis pembangunan RSUD Komodo menuju tipe A

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengikuti seremonial Groundbreaking Proyek Pembangunan RSUD Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (2/6/2022). ANTARA/HO-Dinas Kominfo Manggarai Barat

Rumah sakit ini tentunya akan menjadi rumah sakit rujukan di NTT. Sudah dialokasikan pemerintah lewat dana alokasi khusus untuk fisik...

Maumere (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi optimis proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo Wings Internasional Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT akan terselesaikan dengan baik untuk peningkatan dari tipe C ke tipe A pada tahun 2022 ini.

"Rumah sakit ini tentunya akan menjadi rumah sakit rujukan di NTT. Sudah dialokasikan pemerintah lewat dana alokasi khusus untuk fisik," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi ketika dihubungi dari Maumere, Minggu.

Pembangunan RSUD Komodo dari tipe C ke tipe A merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang berkualitas dalam berbagai kegiatan baik nasional maupun internasional, termasuk kegiatan sampingan G20 yang juga berlangsung di Labuan Bajo tahun 2022 dan Asean Summit tahun 2023.

Dia mengatakan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung RSUD Komodo Wings Internasional di Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo itu telah dilakukan pada Kamis lalu. Dengan demikian, proyek pembangunan akan segera dimulai.

Bupati pun berharap pengerjaan pembangunan rumah sakit dapat diselesaikan dengan cepat sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Tata Kelola Pemerintahan Ronald Mujur dalam keterangan tertulis yang diterima  mengatakan pembangunan rumah sakit tersebut harus terselesaikan pada tahun 2022 dengan kualitas yang bagus.

Dengan demikian Kementerian Kesehatan bisa fokus dengan pemenuhan fasilitas pelengkap dan tenaga kesehatan pada tahun 2023. Untuk dokter, akan disiapkan empat dokter untuk jenis penyakit utama jantung, kanker, stroke, dan ginjal. Tentunya pemenuhan dokter ini akan menunggu pembangunan gedung rumah sakit internasional itu.

Adapun gedung rumah sakit internasional itu akan dibangun oleh PT Nindya Karya BUMN sebagai kontraktor dengan total pagu dana anggaran DPA sebesar Rp106,4 miliar.

Total bangunan gedung seluas 12.000 meter persegi di atas lahan seluas lima hektare.

Masa kerja pembangunan RSUD Komodo Wings Internasional terhitung 250 kalender dimulai dari 22 April 2022 hingga 27 Desember 2022.

Baca juga: Bupati Manggarai Barat berkomitmen lindungi petani dari alih fungsi lahan

Baca juga: Manggarai Barat optimalkan atraksi kembangkan daya tarik wisata