Gubernur Laiskodat akui gereja Katolik berkolaborasi bantu pembangunan

id NTT, Kota Kupang,gubernur NTT,gereja katolik,syukuran 25 tahun uskup agung kupang,Petrus Turang

Gubernur Laiskodat akui gereja Katolik berkolaborasi bantu pembangunan

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo (kedua kanan), didampingi Uskup Agung Mgr Petrus Turang (kedua kiri) dan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat berjalan bersama saat tiba di halaman Gereja Santa Maria Assumpta di Kota Kupang, NTT, Rabu (27/7/2022). Kedatanganya ke Kota Kupang dalam rangka mengikuti misa Syukur 25 tahun Imamat Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang yang dihadiri juga oleh 20 Uskup se Indonesia, sekaligus membawa balasan surat dari Paus Fransiskus terkait pengunduran diri Uskup Mgr Petrus Turang karena sudah memasuki usai 75 tahun per Rabu (27/7) ini. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Jadi saya mau katakan bahwa provinsi ini luar biasa. Tidak sempat turun sampai ke 0,01 persen. Hal ini karena kerja sama kita semua, baik gereja, pihak terkait...
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B Laiskodat mengaku bahwa selama ini Gereja Katolik bersama Pemerintah Provinsi NTT telah berkolaborasi dalam membangun Provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kita bersyukur karena provinsi ini setiap hari berkembang maju, tentunya tidak bisa karena pemerintah berjalan sendiri," katanya di gereja Santa Maria Assumpta Kupang, Rabu, (27/7/2022) dalam sambutan pada misa syukur 25 tahun Imamat Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turan sekaligus perayaan ulang tahun ke 75 usianya.

Ia menilai bahwa dengan adanya kolaborasi antara pemerintah daerah dengan gereja dan pihak lain kini Pprovinsi NTT sudah berkembang menuju yang lebih baik.

Sejauh ini, di Gereja Katolik telah banyak membangun sekolah-sekolah serta perguruan tinggi yang menghasilkan pelajar-pelajar serta mahasiswa yang berguna bagi pembangunan di NTT.

Dalam hal kesehatan, katanya, berkat kolaborasi yang baik antara gereja dan pemerintah dan pihak lain, angka stunting di NTT dari 42 persen turun menjadi 22 persen dari jumlah penderita stunting 91 ribuan anak di NTT.

"Dengan jumlah yang seperti ini tentu kita harapkan turun terus. Tetapi pemerintah tidak bisa kerja sendiri, karena itu perlu perhatian bersama semua pihak," katanya.

D isamping itu, berkat gereja, angka kemiskinan di NTT juga alami penurunan yang signifikan yakni sekitar 37 ribu orang. Hal ini  terjadi di tengah COVID-19, di tengah badai seroja, kemudian di tengah adanya virus African Swine Fever (ASF).

Ian menambahkan bahwa di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi NTT berada pada 2,51 persen dari sebelumnya terkontraksi di 0,38 persen.

"Jadi saya mau katakan bahwa provinsi ini luar biasa. Tidak sempat turun sampai ke 0,01 persen. Hal ini karena kerja sama kita semua, baik gereja, pihak terkait lainnya," tambah dia.

Ia mengatakan bahwa untuk membangun NTT ini butuh pemimpin-pemimpin yang keras seperti Mgr Petrus Turang.

Baginya, Uskup Agung Kupang adalah guru, orang tua dan sahabat karena selama ini selalu memberikan masukan serta nasihat untuk pembangunan di NTT.

Baca juga: Katedral Jakarta selenggarakan misa dalam tiga sesi

Baca juga: Bawaslu gandeng gereja tingkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2024