PLN Flores pindah ke Labuan Bajo dukung pariwisata

id PLN,UP3 FBB,Flores Bagian Barat,PLN Flores Bagian Barat,Labuan Bajo,manggarai barat,ntt,pln uiw ntt,pln ntt,relokasi kan

PLN Flores pindah  ke Labuan Bajo dukung pariwisata

Direktur Bisnis Regional PLN Sumatera Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana) Adi Priyanto menandatangani Prasasti Relokasi UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo dalam Seremoni Relokasi UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo secara virtual, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Pemindahan UP3 FBB dr Ende ke Labuan Bajo merupakan upaya strategis PLN untuk meningkatkan pelayanan dan dukungan operasional...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Flores Bagian Barat (UP3 FBB) yang semula berlokasi di Kabupaten Ende telah direlokasi ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT untuk mendukung wilayah itu sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

"Pemindahan UP3 FBB dr Ende ke Labuan Bajo merupakan upaya strategis PLN untuk meningkatkan fokus pelayanan dan dukungan operasional Labuan Bajo," kata Direktur Bisnis Regional PLN Sumatera Maluku Papua Nusa Tenggara (Sulmapana) Adi Priyanto dalam sambutan virtual pada Seremoni Relokasi UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo yang diikuti dari Labuan Bajo, Rabu, (17/8/2022).

Adi mengatakan Labuan Bajo telah ditetapkan pemerintah sebagai DPSP. Atas dasar itu, PLN diberikan amanah untuk melakukan penyiapan infrastruktur kelistrikan yang andal dan berkualitas dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan.

Dia menjelaskan Labuan Bajo merupakan wilayah yang strategis dengan berbagai kegiatan penting yang membutuhkan pasokan listrik andal dan berkualitas. Pertama, Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi kegiatan side event G20 Indonesia.

Selain itu, Pulau Komodo dan Pulau Messah menjadi showcase energi terbarukan dalam Pertemuan Sherpa G20 Indonesia di Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Selain menjadi lokasi kegiatan internasional dan nasional, Adi melihat Labuan Bajo memiliki potensi ekonomi yang luar biasa selain bisnis pariwisata seperti hotel dan restoran, tapi juga industri kecil pariwisata dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori.

Oleh karena itu, banyak investasi yang dilakukan PLN untuk membangun Labuan Bajo diantaranya membangun kabel listrik bawah tanah, pembangunan Zero Downtime, serta upaya untuk mewujudkan electrifying lifestyle, seperti migrasi kompor listrik ke kompor induksi dan penggunaan kendaraan listrik.

Adi pun berharap pemindahan Kantor UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo pada momen peringatan hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia ini dapat menjadi momen untuk PLN memaksimalkan layanan bagi pelanggan di DPSP Labuan Bajo.

"Semoga peresmian kantor ini dapat lebih memaksmimalkan layanan dan dukungan kelistrikan kepada masyarakat khususnya masyarakat Labuan Bajo sebagai DPSP," ungkapnya.

Adapun UP3 FBB merupakan unit kerja PLN yang membawahi enam kabupaten di Pulau Flores, yakni Kabupaten Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

Relokasi Kantor UP3 FBB ditandai dengan Penandatangan Prasasti Relokasi UP3 FBB dari Ende ke Labuan Bajo. Per hari ini, Kantor UP3 FBB mulai resmi beroperasi di Labuan Bajo.

Baca juga: PLN bangun kabel bawah tanah dukung DPSP Labuan Bajo

Baca juga: PLN pasok listrik kualitas premium di Kota Ende