Mabar siapkan SDM digital hadapi revolusi industri 4.0

id sdm digital,sumber daya digital,kominfo,menkominfo,kemkominfo,manggarai barat,labuan bajo,ntt

Mabar siapkan SDM digital hadapi revolusi industri 4.0

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Manggarai Barat)

Perkembangan teknologi dan informasi harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur berkomitmen untuk terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) digital yang berkualitas guna menghadapi revolusi industri 4.0.

"Perkembangan teknologi dan informasi harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan talenta digital yang dibutuhkan pasar kerja dan memiliki daya saing untuk berkompetisi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu di Labuan Bajo, Rabu, (14/9/2022).

Hal itu dia sampaikan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Berbasis Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kominfo bagi Angkatan Kerja Muda di Labuan Bajo pada Senin lalu.

Menurutnya, dukungan Kementerian Kominfo itu dibutuhkan untuk mewujudkan komitmen pemerintah daerah dalam menyiapkan SDM digital yang unggul baik di Manggarai Barat maupun Manggarai dan Manggarai Timur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kominfo itu tentunya menjadi kegiatan strategis untuk memberikan dukungan bagi pemenuhan langkah perluasan kesempatan kerja dan kemandirian tenaga kerja lokal.

Bimtek dan sertifikasi itu, kata Paulus, merupakan upaya mempersiapkan SDM yang terampil dalam industri teknologi saat ini. Kegiatan itu dapat membantu angkatan muda khususnya lulusan SMK dalam memperoleh sertifikat kompetensi lewat ujian kompetensi. Sertifikat itu nantinya bisa dimanfaatkan oleh angkatan muda untuk bersaing di dunia kerja bahkan untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

"Kita harap angkatan muda memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni untuk mendukung transformasi digital," ucapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Presidensi G20 di Labuan Bajo beberapa waktu lalu juga menekankan pentingnya pembangunan dan pengembangan SDM digital.

Baca juga: Pusat oleh-oleh Exotic Komodo berdayakan 350 UMKM lokal

Ia meminta agar angkatan muda dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan digital sehingga bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Baca juga: Pemuda Manggarai Barat jaga konservasi alam lewat pelestarian tukik

Menurutnya, kecakapan digital di tingkat dasar juga perlu dipersiapkan sebaik mungkin.