Labuan Bajo (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo melaksanakan uji kemampuan individu prajurit dan uji satuan yang dikemas dalam Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) P1 dan P2 oleh Tim Penguji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.

"Dilakukannya kegiatan ini diharapkan meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur prajurit Lanal Labuan Bajo yang nantinya mendukung situasi aman dan kondusif Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)," kata Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Iwan Hendra Susilo di Labuan Bajo, Jumat, (7/6/2024).
 
Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 119 personel yang terdiri dari 74 prajurit Lanal Labuan Bajo, 15 personel gabungan dari Kompi Brimob Polda NTT, Balai Karantina Kesehatan Labuan Bajo, Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat dan 30 masyarakat sekitar.
 
"Puncaknya pada 6-7 Juni 2024 ini," katanya.
 
Ia menambahkan Uji Trampil Glagaspur ini dilaksanakan bertujuan untuk mengukur kesiapsiagaan para prajurit dalam menguasai pos tempur, prosedur peran-peran, penggunaan peralatan di pangkalan serta kemampuan bertindak cepat dalam keadaan darurat.
 
Uji Terampil Glagaspur Tingkat Satu dan Tingkat Dua yang dilaksanakan setiap tahun ini, lanjut dia, menjadi sarana untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan baik individu prajurit maupun satuan, yang dilaksanakan secara terprogram dan berkesinambungan, sehingga setiap prajurit selalu siap dalam menghadapi setiap penugasan di masa mendatang.
 
Materi pada Uji Terampil Glagaspur P1 & P2 ini mencakup antara lain PDD Khas TNI AL, TUM, Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Anti Teror, Penanggulangan Kebakaran (PEK), Penindakan Huru Hara (PHH), keterampilan bongkar pasang senjata dan sejumlah keterampilan dasar prajurit lainnya.
 
Komandan Glagaspur Kolat Komandan II Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan mengatakan kegiatan yang dilakukan Lanal Labuan Bajo itu untuk mengukur tingkat kesiapan dan profesionalisme prajurit dengan materi materi yang kami sudah dilaksanakan, sehingga seluruh prajurit memiliki tingkat kemampuan yang sama dengan Pangkalan TNI AL yang ada di seluruh Indonesia
 
"Kegiatan ini menyeluruh mulai di Lantamal VII Kupang mulai dari Mataram hingga Lanal Labuan Bajo itu kami kerjakan dengan materi yang sama sehingga keseragaman aspek tindakan prajurit tentunya sesuai standar operasional prosedur," katanya.
 
Ia menjelaskan profesionalisme sumber daya manusia prajurit TNI Angkatan Laut terus ditingkatkan, terlebih di Labuan Bajo sebagai DPSP.

"Seluruh personel melakukan tugas dengan profesional," katanya.


Baca juga: Lanal Labuan Bajo gagalkan peredaran rokok diduga ilegal

Baca juga: Polri dan TNI cek kelayakan kapal wisata untuk ASEAN Summit 2013

Pewarta : Gecio Viana
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024