Imigrasi Labuan Bajo gelar operasi gabungan Timpora di wilayah perairan

id Ntt, imigrasi Labuan Bajo, Kota Kupang

Imigrasi Labuan Bajo gelar operasi gabungan Timpora di wilayah perairan

Timpora Manggarai Barat saat memeriksa dokumen orang asing di atas kapal wisata di Labuan Bajo, Jumat (18/11). ANTARA/HO-Imigrasi Labuan Bajo

...Operasi gabungan kali ini dilakukan untuk melaksanakan fungsi keimigrasian menurut undang-undang, yakni penegakan hukum dan keamanan negara, kata Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra dihubungi dari Kupang, Jumat, (18/11/2022) pagi
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Labuan Bajo bersama anggota Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengelar Operasi Gabungan Timpora di wilayah perairan kabupaten tersebut guna mencegah pelanggaran keimigrasian.

“Operasi gabungan kali ini dilakukan untuk melaksanakan fungsi keimigrasian menurut undang-undang, yakni penegakan hukum dan keamanan negara," kata Kepala Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Jaya Mahendra dihubungi dari Kupang, Jumat, (18/11/2022) pagi.

Dia menjelaskan dalam operasi gabungan itu hadir sejumlah pihak mulai dari, Kepolisian Resor Manggarai Barat, BAIS Manggarai Barat, TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Manggarai Barat, BIN Manggarai Barat dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manggarai Barat.

Timpora melakukan pengecekan dokumen wisatawan yang berwisata menggunakan dua kapal phinisi yang sedang berlayar di kawasan Taman Nasional Komodo.

Usai dari dua kapal phinisi itu, Timpora gabungan lanjut ke pulau Sebayur untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing di Komodo resort.

Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Labuan Bajo Christian Prantigo mengatakan bahwa kurang lebih ada 21 orang asing yang WNA yang dilakukan pengawasan.

"Kita lakukan pemeriksaan dokumen Keimigrasian yang dimiliki oleh orang asing serta keterangan terkait keberadaan dan kegiatan Orang Asing tersebut di wilayah perairan Manggarai Barat," ujar dia.

Christian juga menambahkan bahwa dari hasil pemeriksaan dokumen tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian.

"Sejumlah orang asing tersebut memiliki izin tinggal yang sesuai dengan peruntukannya dan tidak ditemui adanya pelanggaran Keimigrasian," tambah dia.

Lebih lanjut kata dia, operasi gabungan itu juga merupakan rangkaian pelaksanaan pengamanan eksternal yang dilakukan oleh Imigrasi Labuan Bajo serta tindak lanjut dari hasil pertemuan Tim Kewaspadaan Dini yang dilaksanakan pada tanggal 14 November di Kantor Kesbangpol Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Kantor Imigrasi Labuan Bajo Deportasi WNA Filipina

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo tahan seorang warga negara Bulgaria