Penjabat Wali Kota Kupang dorong sekolah bentuk klub bahasa Inggris

id NTT,klub bahasa inggris,kota kupang,george hadjoh

Penjabat Wali Kota Kupang dorong sekolah bentuk klub bahasa Inggris

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (ANTARA/HO-Prokompim Setda Kota Kupang)

...Manfaat bahasa Inggris ini sangat penting bagi generasi muda sehingga menjadi modal bagi anak-anak dalam kegiatan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Kamis, (24/11/2022)
Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjo mendorong sekolah-sekolah di wilayah itu untuk membentuk klub-klub bahasa Inggris di setiap sekolah agar para siswa secara dini memahami Bahasa Inggris dengan mudah.

"Manfaat bahasa Inggris ini sangat penting bagi generasi muda sehingga menjadi modal bagi anak-anak dalam kegiatan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Kamis, (24/11/2022).

Melkianus Hadjoh mengatakan hal itu terkait upaya Pemerintah dalam percepatan pembangunan sektor pendidikan di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh  mengingatkan tentang pentingnya membentuk klub bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.

Dia berharap para kepala sekolah dan guru menyadari pentingnya membentuk klub bahasa Inggris bagi siswa-siswi di sekolahnya sehingga para siswa memiliki kemampuan yang lebih memadai dalam berbahasa.

"Tidak saja dalam penggunaan bahasa Indonesia tetapi juga harus memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris sehingga perlu dibuat klub-klub bahasa Inggris di setiap sekolah sebagai sarana belajar penggunaan bahasa Inggris," kata George Melkianus Hadjoh.

Dia menjelaskan berdasarkan pengamatannya di beberapa sekolah, ditemukan kondisi tidak mungkin satu orang guru bahasa Inggris bisa menangani ratusan siswa.

Ia mengatakan untuk itu dibutuhkan tambahan kelas khusus dengan cara menjalin kerja sama dengan kampus-kampus yang memiliki mahasiswa jurusan bahasa Inggris.

“Kita memang sedang mencetak generasi–generasi yang sadar dan mencintai kebersihan tapi ingat kita juga harus  menjadikan mereka anak-anak yang pandai dan bisa menguasai bahasa asing," kata mantan Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT itu.

Ia mengatakan setelah membentuk klub-klub bahasa Inggris perlu diikuti dengan membangun kerjasama dengan kampus-kampus untuk bekerja sama serta melakukan lomba-lomba bahasa inggris bagi anak-anak agar mereka tertarik belajar bahasa asing.

Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjo melakukan peninjauan ke beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Kota Raja seperti SD Advent Airnona Kupang, SMP Negeri 4 Kupang, SD Inpres Bakunase II, SD Negeri Oetona dan berakhir SD Inpres Labat.


Baca juga: Pemkot Kupang gandeng lima perguruan tinggi dukung program lopo pintar

Baca juga: Ombudsman NTT buka pos pengaduan layanan publik di RSUD Kota Kupang