Bulog tambah 200 ton beras perkuat stok di Lembata

id harga beras,harga pangan,persediaan beras,stok beras,stabilisasi pasokan beras,stabilisasi harga beras

Bulog tambah 200 ton beras perkuat stok di Lembata

Ilustrasi - Petugas memeriksa persediaan beras Bulog pada gudang di Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Hari ini, kapal pengangkut beras dari Nusa Tenggara Barat sudah tiba dengan membawa 200 ton beras untuk stok kami di Lembata, kata Kepala Perum Bulog Cabang Larantuka David Donny Kurniawan ketika dihubungi dari Kupang, Rabu, (22/2/2023).
Kupang (ANTARA) - Perum Bulog Cabang Larantuka menambah sebanyak 200 ton beras guna memperkuat persediaan beras untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga komoditi pangan itu bagi warga di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

"Hari ini, kapal pengangkut beras dari Nusa Tenggara Barat sudah tiba dengan membawa 200 ton beras untuk stok kami di Lembata," kata Kepala Perum Bulog Cabang Larantuka David Donny Kurniawan ketika dihubungi dari Kupang, Rabu, (22/2/2023).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya Bulog menjaga stabilisasi pasokan dan harga beras di Kabupaten Lembata.

Kurniawan menjelaskan pasokan beras yang baru masuk sebanyak 200 ton akan memperkuat persediaan di gudang yang sebelumnya ada sebanyak 70 ton.

Selanjutnya, kata dia, akan bertambah lagi pasokan sebanyak 300 ton dari Bulog Kantor Wilayah Jawa Timur di Surabaya.

Ia mengatakan dengan persediaan beras yang dimiliki, pihaknya siap melayani kebutuhan pemerintah daerah dan masyarakat di Lembata.

Apabila pemerintah daerah mengajukan operasi pasar untuk beras, kata dia, maka pihaknya siap menyalurkan dalam bentuk kemasan berkapasitas 10 kilogram.

"Sampai saat ini kami belum menerima permintaan operasi pasar dari Pemda Lembata, namun ketika permintaan maka kami siap melayani," katanya.

Kurniawan menambahkan, selain operasi pasar yang biasa dijalankan di setiap kecamatan, pihaknya juga memiliki mitra Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai perpanjangan tangan Bulog mendekatkan jangkauan masyarakat untuk mendapatkan beras dengan harga terjangkau.

Baca juga: Harga beras di Flores Timur melonjak capai Rp800.000/karung
Baca juga: Artikel - Mengendalikan harga demi keterjangkauan pemenuhan pangan