Pemkab Mabar apresiasi BI adakan vaksinasi dukung pariwisata

id vaksinasi,covid-19,booster,pariwisata,labuan bajo,manggarai barat,ntt,bank indonesia

Pemkab Mabar apresiasi  BI adakan vaksinasi dukung pariwisata

Ilustrasi - Layanan vaksinasi booster kedua di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Kegiatan Bank Indonesia ini sejalan dengan tekad pemerintah kabupaten dan masyarakat bahwa kita ingin menjadikan daerah ini aman, nyaman, tenang, dan damai bagi siapa saja, apalagi untuk menyambut ASEAN Summit
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur memberikan apresiasi atas dukungan dan sinergi Bank Indonesia terhadap pengembangan pariwisata Labuan Bajo, khususnya menjelang persiapan ASEAN Summit 2023 di daerah pariwisata ini lewat layanan vaksinasi booster kedua.

"Kegiatan Bank Indonesia ini sejalan dengan tekad pemerintah kabupaten dan masyarakat bahwa kita ingin menjadikan daerah ini aman, nyaman, tenang, dan damai bagi siapa saja, apalagi untuk menyambut ASEAN Summit," kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng dalam kegiatan vaksinasi booster kedua dari Bank Indonesia di Kantor Bupati Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu, (15/3/2023).

Bank Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Booster Kedua bagi seluruh masyarakat khususnya yang bekerja pada sektor pelayanan publik seperti perbankan, pelaku usaha, pelaku pariwisata, dan organisasi perangkat daerah. Jenis vaksin yang diberikan yakni Pfizer sebanyak 1.000 dosis.

Cakupan vaksinasi booster kedua di Manggarai Barat, ucap Yulianus masih berada di bawah 50 persen. Oleh karena itu, layanan vaksinasi yang diberikan oleh BI sangat mendukung percepatan vaksinasi booster di daerah pariwisata super prioritas itu.

Yulianus mengatakan vaksinasi booster kedua ini juga menjadi sangat penting bagi Labuan Bajo yang akan menjadi tuan rumah pertemuan para kepala negara ASEAN di bulan Mei 2023 nanti.

Lebih lanjut dia menjelaskan pemerintah kabupaten sangat terbuka untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak terkait layanan vaksinasi di daerah.

Dia juga berharap layanan serupa semakin gencar diberikan di Manggarai Barat demi terwujudnya kekebalan kelompok sebagaimana yang diharapkan selama ini.

"Kami mau daerah ini aman dan nyaman bagi siapa saja yang berkunjung," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paulus Mami membeberkan data cakupan vaksinasi COVID-19 di Manggarai Barat yang terbilang cukup bagus.

Dari data per 3 Maret 2023 dengan jumlah sasaran sebanyak 235.107 jiwa, persentase dosis satu sebesar 89,14 persen atau telah menyasar 209.564 jiwa. Selanjutnya persentase dosis dua sebesar 76,17 persen atau menyasar 179.087 jiwa.

Baca juga: BI dukung pariwisata Labuan Bajo melalui percepatan vaksinasi booster

Sementara itu capaian dosis tiga terbilang masih rendah. Dari target 163.415 jiwa, baru 45.639 jiwa yang menerima dosis tiga atau sebesar 27,93 persen. Sedangkan dosis empat baru menyasar 1.401 jiwa atau sebesar 0,86 persen.

Baca juga: Penerima dosis tiga vaksin COVID-19 capai 67,06 juta orang

"Layanan vaksinasi booster kedua hari ini adalah yang kedua kalinya. Kali pertama kemarin pernah diberikan pada setiap puskesmas dalam wilayah Manggarai Barat," ungkapnya.