Gubernur Laiskodat ajak sekolah perkuat wawasan murid tentang potensi daerah

id edukasi potensi daerah,sekola ntt,potensi daerah ntt,gubernur ntt,lembata,ntt

Gubernur Laiskodat ajak sekolah perkuat wawasan murid tentang potensi daerah

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan bagi SMA/SMK se-Kabupaten Lembata. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT)

Lembaga pendidikan atau sekolah harus bisa mengarahkan siswa, membuka perspektif mereka tentang keunggulan potensi di daerah...
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengajak pihak sekolah agar memperkuat wawasan para murid tentang berbagai potensi unggulan daerah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Lembaga pendidikan atau sekolah harus bisa mengarahkan siswa, membuka perspektif mereka tentang keunggulan potensi di daerah," katanya dalam keterangan pers Biro Humas Setda Provinsi NTT yang diterima di Kupang, Sabtu, (29/4/2023).

Ia menyampaikan hal itu saat menyerahkan bantuan DAK dan DAU total senilai Rp12,4 miliar kepada SMA/SMK se-Kabupaten Lembata.

Laiskodat mengatakan, dalam menjalankan fungsi edukasi kepada para siswa, kata dia, para guru tau sekolah perlu memberikan ruang perspektif dan pengetahuan agar siswa mengenal dan memahami dengan baik keunggulan potensi daerahnya.

"Ataupun memberikan informasi tentang kekuatan ekonomi daerah pada sektor-sektor tertentu," katanya.

Ia mencontohkan berbagai potensi keunggulan daerah yang dimiliki berbagai daerah di NTT seperti perikanan, pertanian, peternakan, pariwisata dan lainnya.

Laiskodat mengatakan, jika para peserta didik dapat mengenal dan paham tentang berbagai potensi itu, maka pasti akan tertarik untuk belajar lebih mendalam dan menjadikan potensi tersebut untuk menghasilkan produk dan memberikan penghasilan ekonomi.

Ia menyebutkan potensi daerah yang dapat dikembangkan sebagai sumber penghasilan ekonomi seperti pengolahan kelor, budidaya perikanan.

"Jadi sekolah harus memberikan perspektif pengetahuan yang luas kepada siswa sehingga sejak awal mereka mengetahui kekayaan daerah yang merangsang mereka untuk berinovasi dan menciptakan produk-produk," katanya.

Dalam kunjungan kerja itu, Gubernur NTT juga menyerahkan bantuan sosial berupa beras untuk mendukung penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lembata.


Baca juga: Gubernur Laiskodat serahkan bantuan Rp10,1 miliar untuk SMA/SMK di Flores Timur

Baca juga: Gubernur Laiskodat dampingi Presiden cek Puncak Waringin untuk ASEAN Summit