Kemenparekraf hadirkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo sambut ASEAN Summit

id asean,asean summit,ktt asean,kemenparekraf,pesta rakyat,bpolbf,boplbf,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores

Kemenparekraf hadirkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo sambut ASEAN Summit

Tari Caci merupakan salah satu tarian adat dari Manggarai Barat, NTT yang menjadi keunikan budaya daerah. (ANTARA/HO-BPOLBF)

Seluruh kegiatan melibatkan masyarakat lokal secara aktif sebagai upaya mengakomodir antusiasme masyarakat melalui dukungan ekosistem kreatif dan UMKM di Labuan Bajo...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap menghadirkan Pesta Rakyat sebagai salah satu bentuk dukungan untuk menyukseskan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Seluruh kegiatan melibatkan masyarakat lokal secara aktif sebagai upaya mengakomodir antusiasme masyarakat melalui dukungan ekosistem kreatif dan UMKM di Labuan Bajo," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina dalam keterangan resmi yang diterima di Labuan Bajo, Minggu, (30/4/2023).

Pesta Rakyat yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 7 Mei sampai 13 Mei 2023 di Labuan Bajo terselenggara berkat kolaborasi Kemenparekraf dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Pesta Rakyat itu terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show.

Nantinya kegiatan itu berisikan konten budaya lokal, seperti kegiatan bazar dengan berbagai produk parekraf lokal seperti kuliner, tenun, suvenir. Ada pula produk-produk lokal unggulan seperti kopi dan gula rebok, serta produk kerajinan tangan lainnya.

"Secara khusus street carnival akan melibatkan lebih luas lagi masyarakat mulai dari siswa-siswi sekolah hingga sanggar-sanggar budaya lokal, serta para seniman lokal melalui pertunjukan musik," ucap Shana.

Lebih lanjut dia menjelaskan Pesta Rakyat juga menghadirkan program ASEAN Youth yang akan melibatkan 22 anggota delegasi dari negara-negara ASEAN. Para peserta akan melakukan live on board, dialog dengan ASEAN Leaders, dan diskusi dengan pemuda lokal untuk lebih membumikan urgensi ASEAN di kalangan pemuda.

Program ini, kata Shana, selaras dengan upaya yang dilakukan oleh BPOLBF dalam mengamplifikasi dan mengedukasi masyarakat Labuan Bajo tentang ASEAN.

"Kami menyediakan Tourist Information Center dan HelpDesk mulai dari bandara dan hotel delegasi untuk memudahkan informasi terkait wisata Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023," ujarnya.

Rangkaian kegiatan akan digelar di sejumlah lokasi di sekitar Labuan Bajo. Street Carnival nanti diadakan di Lapangan Waesambi, Festival Goa Batu Cermin di Goa Batu Cermin, dan SMEs Hub di Waterfront Kampung Ujung.

"Dengan komitmen bersama negara anggota ASEAN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif berkeadilan yang kuat dan berkelanjutan, Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang ada di Indonesia juga saat ini telah bangkit," kata Shana optimis.

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan pilih agen wisata resmi untuk berwisata

Baca juga: Labuan Bajo prepares 1,156 hotel rooms for ASEAN Summit delegates








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf hadirkan Pesta Rakyat di Labuan Bajo untuk ASEAN Summit