Panglima TNI sebut warga ikut mendukung keamanan selama ASEAN Summit

id asean,ktt asean,asean summit,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,tni,tni al,tni au,tni ad,pengamanan,panglima tni,yud

Panglima TNI sebut warga ikut mendukung keamanan selama ASEAN Summit

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Masyarakat juga ikut dukung pengamanan saat kedatangan para kepala negara menuju Meruorah, masyarakat antusias, kata Laksamana Yudo kepada wartawan di Dermaga Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023)
Labuan Bajo (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan masyarakat juga ikut mendukung upaya pengamanan yang dilakukan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Masyarakat juga ikut dukung pengamanan saat kedatangan para kepala negara menuju Meruorah, masyarakat antusias," kata Laksamana Yudo kepada wartawan di Dermaga Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023).

Yudo menjelaskan masyarakat terlihat antusias ketika mobil para kepala negara melintas masuk ke Hotel Meruorah Labuan Bajo. Masyarakat pun terpantau ikut menjaga keamanan dengan tidak melakukan aktivitas yang mengganggu ketertiban.

Hal itu pun telah sesuai sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo agar aktivitas dan lalu lintas masyarakat tidak boleh tertutup meski adanya kegiatan internasional tersebut.

"Seperti arahan beliau, jangan mengganggu lalu lintas masyarakat. Saat (delegasi) melintas, silakan stop, tapi begitu selesai melintas, dicairkan (dibuka) kembali," katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Panglima TNI ini meminta para prajurit untuk menjalankan tugas pengamanan dengan sikap humanis.

Dengan demikian masyarakat pun tidak terganggu dengan kehadiran prajurit, namun ikut terlibat bersama-sama melakukan pengamanan kegiatan internasional tersebut.

"Saya ingatkan prajurit di jalan supaya humanis. Mudah-mudahan ini langkah yang baik bahwa kegiatan tidak mengganggu aktivitas masyarakat," katanya optimis.

TNI dan Polri telah melakukan apel gelar pasukan untuk pengamanan KTT ke-42 ASEAN terhitung mulai 7 Mei sampai 13 Mei 2023 nanti. Sebanyak 12 ribu personel telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan terbagi dalam satuan tugas masing-masing.


Baca juga: Panglima TNI Yudo Margono pastikan pengamanan laut untuk kelancaran ASEAN Summit

Baca juga: Mabes TNI AU siapkan tiga pesawat tempur amankan KTT ASEAN








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panglima TNI sebut warga ikut dukung keamanan selama ASEAN Summit