PLN - Polri bersinergi amankan infrastruktur listrik selama KTT ASEAN

id asean,asean summit,ktt asean,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,pln,listrik,polri,obyek vital

PLN - Polri bersinergi amankan infrastruktur listrik selama KTT ASEAN

Petugas PLN mengisi daya motor listrik milik Polri dalam KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/HO-PLN)

...Hampir seluruh infrastruktur kelistrikan milik PLN dari hulu hingga hilir jelas membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian, apalagi infrastruktur kelistrikan penunjang bagi KTT ASEAN di sini
Labuan Bajo (ANTARA) - PT PLN (Persero) bersinergi dengan Badan Pemelihara dan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Baharkam Polri) untuk mengamankan infrastruktur ketenagalistrikan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Hampir seluruh infrastruktur kelistrikan milik PLN dari hulu hingga hilir jelas membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian, apalagi infrastruktur kelistrikan penunjang bagi KTT ASEAN di sini," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan resmi yang diterima di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023).

Darmawan menjelaskan KTT ke-42 ASEAN merupakan momentum menunjukkan jati diri Indonesia kepada dunia internasional. Oleh karena itu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk antara PLN dan Polri.

Namun, tidak hanya pada momen KTT ASEAN saja kolaborasi itu terjalin. Darmawan menyebut sinergi antar kedua belah pihak telah terwujud dalam menjaga Objek Vital Nasional ketenagalistrikan mulai dari pembangkit, transmisi, hingga distribusi. Pengamanan pun dilakukan pada data center ketenagalistrikan.

"Melalui transformasi, kami terus melakukan digitalisasi secara menyeluruh pada tiap lini bisnis, termasuk cyber security pada data center kelistrikan," katanya menambahkan.

PLN telah mendapatkan kunjungan dari Kepala Baharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran ke Pos Komando atau Command Center PLN di Labuan Bajo, Selasa.

Fadil Imran mengatakan akan terus mendukung langkah PLN dalam mengamankan infrastrukturnya baik fisik maupun siber.

Menurutnya kedua pengamanan tersebut penting dilakukan agar KTT ASEAN dapat berjalan sukses tanpa kendala dari sisi kelistrikan.

"Listrik menjadi salah satu unsur vital sekaligus strategis bagi keberhasilan event internasional ini. Kita perlu pastikan bersama dengan cermat keamanannya," katanya.


Baca juga: PLN builds multi-layered electricity system at ASEAN Summit venues
Baca juga: PLN bangun sistem kelistrikan berlapis pada lokasi KTT ke-42 ASEAN








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN dan Polri sinergi amankan infrastruktur listrik selama KTT ASEAN