PLN NTT raih penghargaan Proper Biru untuk lima pembangkit

id penghargaan proper biru,proper biru,penghargaan dari klhk,pln ntt,pembangkit listrik ntt,klhk,ntt

PLN NTT raih penghargaan Proper Biru untuk lima pembangkit

Infrastruktur PLTD Tenau di Kota Kupang sebagai salah satu dari lima unit pembangkit listrik PLN Unit Induk Wilayah NTT yang mendapatkan penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

...Penghargaan Proper Biru ini sebagai apresiasi terhadap upaya PLN yang terus berperan menjaga lingkungan hidup terutama di sekitar pembangkit listrik atau aset PLN
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur meraih penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pengelolaan lima unit pembangkit listrik yang tersebar di provinsi itu.

"Penghargaan Proper Biru ini sebagai apresiasi terhadap upaya PLN yang terus berperan menjaga lingkungan hidup terutama di sekitar pembangkit listrik atau aset PLN," kata General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra di Kupang, Kamis, (8/6/2023).

Kelima unit pembangkit itu antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tenau di Kota Kupang, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bolok di Kabupaten Kupang dan PLTD Atambua di Kabupaten Belu, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere di Kabupaten Sikka dan PLTMG Rangko di Kabupaten Manggarai Barat.

Sindu Putra mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar aset PLN seperti di lingkungan kantor, unit pembangkit, transmisi dan distribusi.

"Penghargaan Proper Biru yang diraih tentunya bentuk komitmen kami dan akan kami tingkatkan kedepannya," katanya.

Ia berharap penghargaan tersebut juga membawa motivasi tersendiri bagi seluruh insan PLN di NTT untuk terus berkontribusi secara optimal bagi kemajuan pembangunan NTT.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTT, Ondy Christian Siagian menjelaskan penghargaan Proper Biru dari KLHK diberikan karena PLN NTT melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang dipersyaratkan sesuai ketentuan perundangan lingkungan yang berlaku.

PLN NTT telah mencapai penilaian minimal dalam beberapa kriteria bidang meliputi tata kelola air, kerusakan lahan, pengendalian pencemaran laut, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air dan implementasi analisis mengenai dampak lingkungan.

Selain penghargaan Proper Biru, PLN UIW NTT juga mendapat predikat peringkat terbaik pelaporan pengelolaan lingkungan yaitu PLTU Ropa di Kabupaten Ende dan PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai.

Ondy mengajak PLN untuk terus menggalakkan berbagai langkah dan upaya untuk mendorong kehidupan yang berkelanjutan secara kondusif dan sehat.

Selain itu, ia juga mengajak warga dan seluruh pemangku kepentingan untuk peduli dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang sehat dan kondusif serta bebas dari sampah plastik.


Baca juga: PLN NTT alirkan listrik untuk lima desa

Baca juga: PLN sebut pengembangan PLTP Ulumbu hasilkan daya 40 MW