Telaah - Sumber pembangkit tsunami tidak hanya gempa Bumi

id penyebab tsunami,gempa bumi,gunung api,lempeng tektonik,telaah,opini,' Oleh Oleh Yudhicara*)

Telaah - Sumber pembangkit tsunami tidak hanya gempa Bumi

Dokumen - Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban tsunami yang ditemukan di hutan bakau di kawasan wistata Tanjung Lesung, Banten, Selasa (25/12/2018). Menurut data BNPB sejauh ini sudah terdata 429 korban tewas akibat bencana tsunami Selat Sunda, sementara di Tanjung Lesung sendiri sudah lebih dari 54 Jenazah yang berhasil ditemukan. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/)

...Tsunami adalah gelombang gravitasi yang dihasilkan akibat terganggunya kolom air, salah satunya adalah adanya deformasi di dasar laut yang disebabkan oleh gempa Bumi
Jakarta (ANTARA) - Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik aktif, yaitu Indo-Australia, Eurasia, Pasifik, dan Filipina.

Batas pertemuan lempeng yang ditandai dengan kegempaan, dan konsekuensi pergerakan lempeng telah menghasilkan struktur geologi berupa sesar dan terbentuknya rangkaian gunung api.

Tsunami adalah gelombang gravitasi yang dihasilkan akibat terganggunya kolom air, salah satunya adalah adanya deformasi di dasar laut yang disebabkan oleh gempa Bumi.

Tidak hanya gempa, penyebab terganggunya kolom air laut juga bisa dihasilkan oleh aktivitas gunung api dan pergerakan masa ke dalam air.

Indonesia yang dikelilingi oleh laut, menjadikannya rentan terhadap tsunami. Hampir di sepanjang pantai di Indonesia, dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, tidak luput dari potensi terjadinya fenomena alam yang satu ini.

Sejarah kejadian tsunami yang dihimpun sejak zaman Belanda hingga saat ini, menunjukkan adanya potensi tsunami berulang terjadi di masa yang akan datang.

Rekaman kejadian tsunami yang menceritakan tentang sumber pembangkit tsunami, kedahsyatan, dan dampak yang dihasilkannya di masa lampau, dihimpun dalam suatu katalog tsunami.

Karakteristik sumber tsunami dan daerah terdampak yang tercatat di dalam katalog tersebut, menjadi bahan yang bisa dipelajari dalam upaya mitigasi dan menjadi dasar dalam merencanakan pola ruang kehidupan saat ini dan masa yang akan datang.


Tsunami akibat gempa