Pengamat: Puan berupaya menarik Golkar dan PKB masuk gerbong PDI Perjuangan

id pertemuan puan golkar dan pkb,ganjar,pilpres,ahmad atang

Pengamat: Puan berupaya menarik Golkar dan PKB masuk gerbong PDI Perjuangan

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Kupang Dr. Ahmad Atang, MSi (ANTARA/Bernadus Tokan)

...Pertemuan Puan dengan PKB dan Golkar lebih bermakna konkrit adalah mengajak kedua partai bergabung dengan PDIP, kata Ahmad Atang di Kupang, Jumat, (28/7/2023) berkaitan dengan makna pertemuan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga
Kupang (ANTARA) - Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Kupang Dr. Ahmad Atang, MSi mengatakan, pertemuan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bagian dari upaya untuk menarik dua parpol ini masuk dalam gerbong PDI Perjuangan.

"Pertemuan Puan dengan PKB dan Golkar lebih bermakna konkrit adalah mengajak kedua partai bergabung dengan PDIP," kata Ahmad Atang di Kupang, Jumat, (28/7/2023) berkaitan dengan makna pertemuan Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Apalagi, kata dia, Golkar dan PKB merupakan partai koalisi yang mendukung pemerintahan Jokowi, maka kepentingan ini dapat menyatukan mereka untuk kembali bersama mendukung Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP.

Pengajar ilmu politik pada Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Muhammadiyah Kupang itu menambahkan jika dilihat dari peta koalisi saat ini, maka Golkar termasuk salah satu partai selain PAN yang hingga kini belum menentukan pilihan politik untuk bergabung dengan koalisi yang sudah ada atau membangun koalisi baru setelah KIB yang digagas bubar di tengah jalan.

Sedangkan PKB telah membangun koalisi dengan Gerindra untuk mengusung Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya Prabowo Subianto, namun nasib KIR masih belum utuh karena pilihan cawapres oleh Prabowo Subianto tidak hanya Muhaimin Iskandar tapi ada figur lain seperti Erick Thohir dan Khofifah Indar parawansa.

Kondisi ini membuat PKB dan Muhaimin Iskandar berfikir ulang untuk melanjutkan koalisi dengan Gerindra.

Melihat konstelasi tersebut, Puan Maharani melakukan safari politik untuk bertemu dengan Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar dan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

Artinya, kunjungan Puan ini dapat dimaknai sebagai upaya untuk menarik Golkar dan PKB masuk dalam gerbong PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Jadi bagi saya, pertemuan elit partai bukan kali ini saja terjadi, namun sebelumnya telah ada pertemuan serupa antara pimpinan partai. Namun pertemuan Puan dengan PKB dan Golkar kali ini lebih bermakna konkrit adalah mengajak kedua partai bergabung dengan PDIP. Apalagi Golkar dan PKB merupakan partai koalisi yang mendukung pemerintahan Jokowi, maka kepentingan ini dapat menyatukan mereka untuk kembali bersama mendukung Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP," katanya.

Baca juga: Ini lima nama bakal cawapres Ganjar Pranowo, menurut Puan
Baca juga: Artikel - Memaknai penggunaan diksi kakak - adik di pertemuan Puan-AHY









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Puan berupaya menarik Golkar dan PKB masuk gerbong PDIP