Bulog salurkan bantuan beras bagi 24.348 KK di Alor

id bantuan pangan,alor,ntt,Bulog Kalabahi, cadangan beras pemerintah

Bulog salurkan bantuan beras bagi 24.348 KK di  Alor

Peluncuran Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah Bantuan Pangan Tahap II 2023 di Gudang Bulog Kalabahi, Alor, NTT, Senin (11/9/2023). (ANTARA/HO-Bulog Kalabahi Alor)

...Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya bantuan pangan ini masyarakat menjadi terbantu dalam mencukupi kebutuhan mereka, terutama kebutuhan beras
Labuan Bajo (ANTARA) - Bulog Kalabahi, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyalurkan bantuan pangan beras bagi 24.348 kepala keluarga (KK) penerima bantuan pangan (PBP) di wilayah itu.

"Beras yang disalurkan Bulog berkualitas baik, masyarakat tidak perlu khawatir. Stok beras yang ada juga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Alor," kata Pemimpin Cabang Pembantu Bulog Kalabahi Deni Prasetiawan di Kalabahi, Alor, Selasa, (12/9/2023).

Bulog Kalabahi bersama Pemerintah Kabupaten Alor dan PT Pos Indonesia mulai menyalurkan beras cadangan pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap II tahun 2023 pada Senin (11/9).

Setiap PBP menerima 10 kilogram beras setiap bulan. Bantuan pangan yang disalurkan untuk bulan September, Oktober, dan November, sehingga masing-masing PBP menerima 30 kilogram untuk tiga tiga bulan.

Dengan demikian, jumlah penyaluran bantuan pangan sebesar 243.480 kilogram per bulan, sehingga beras yang didistribusikan mencapai 730.440 kilogram per tiga bulan.

Penyaluran beras ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia yang diteruskan dari Gudang Bulog Kalabahi ke masing-masing kelurahan atau desa sesuai jumlah PBP.

"Jadi, masyarakat PBP hanya menunggu saja penyampaian dari pihak desa/kelurahan terkait jadwalnya," katanya menjelaskan.

Deni optimistis adanya kerja sama dan kolaborasi yang baik untuk penyaluran bantuan bagi masyarakat ini. Ia berharap dukungan pemerintah daerah untuk penyaluran sekaligus tiga alokasi agar lebih efisien.

"Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya bantuan pangan ini masyarakat menjadi terbantu dalam mencukupi kebutuhan mereka, terutama kebutuhan beras," katanya.

Baca juga: Bapanas segera berkomunikasi dengan Mendag terkait beras SPHP di platform online


Baca juga: Bulog NTT telah menyalurkan bantuan beras El Nino tahap satu

Kabupaten Alor merupakan kabupaten kedua di NTT yang meluncurkan penyaluran Bantuan Pangan Tahap II tahun 2023 setelah Kota Kupang.

Penyerahan bantuan pangan dilakukan secara simbolis kepada enam PBP di Kantor Lurah Kalabahi Kota.