PLN gandeng EKN manfaatkan limbah sawit menjadi bahan bakar PLTU

id pembangkit co-firing,PLTU batu bara,PLN EPI

PLN gandeng EKN manfaatkan limbah sawit menjadi bahan bakar PLTU

Penandatanganan MoU antara PT PLN (Persero) melalui Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) dengan PT Elektrika Konstruksi Nusantara (EKN) dalam pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit untuk biomassa co-firing PLTU batu bara Bengkayang, di JIEXPO Jakarta, Jumat (6/10/2023). ANTARA/HO-PLN EPI

...Melalui MoU ini PLN dan EKN akan secara bersama-sama mengolah biomassa dari tandan kosong kelapa sawit yang diproduksi masyarakat Sambas Kalimantan Barat. Biomassa ini akan kita gunakan sebagai co-firing pengganti batu bara di PLTU Bengkayang
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menggandeng PT Elektrika Konstruksi Nusantara (EKN) dalam pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit menjadi biomassa untuk co-firing (bahan bakar alternatif) PLTU batu bara Bengkayang di Kalimantan Barat.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara dalam keterangan di Jakarta, Selasa, (10/10/2023) mengatakan pihaknya terus berupaya mendukung pemerintah dalam mencapai target pemanfaatan co-firing sebesar 10,2 juta ton pada tahun 2025.

Guna mencapai target tersebut, pihaknya akan memanfaatkan sumber daya lokal. Sehingga dalam prosesnya akan menciptakan multiplier effect, mengurai masalah sampah dan memacu pertumbuhan ekonomi.

”Melalui MoU ini PLN dan EKN akan secara bersama-sama mengolah biomassa dari tandan kosong kelapa sawit yang diproduksi masyarakat Sambas Kalimantan Barat. Biomassa ini akan kita gunakan sebagai co-firing pengganti batu bara di PLTU Bengkayang,” kata Iwan Agung terkait penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan EKN pada Jumat (6/10/2023).

Menurut Iwan Agung, program co-firing ini sangat spesial karena secara langsung melibatkan masyarakat setempat. Hal ini pun sejalan dengan prinsip Enviroment, Sustainability and Governance (ESG) dalam mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

”Program co-firing biomassa ini spesial, karena berbasis kerakyatan. Saat ini mayoritas biomassa berasal dari olahan sampah atau limbah. Karena kebutuhannya sangat besar kami mengajak masyarakat ikut terlibat di dalamnya,” ujarnya.

Iwan Agung menjelaskan, pengolahan biomassa ini telah menyerap 40 tenaga kerja lokal di Sambas Kalimantan Barat. Ia pun optimis, program co-firing jenis lain yang digagas akan mampu menyerap tenaga kerja lokal secara masif dan mengurai permasalahan sampah yang banyak terjadi di berbagai daerah.

“Ada 40 orang yang terlibat dalam produksi pelet tandan kosong kelapa sawit. Demikian juga dengan biomassa jenis lainnya. Semoga ini jadi awal yang baik karena selama ini mungkin tandan kosong menumpuk di kebun dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan,” lanjut Iwan Agung.

Lebih jauh, Iwan mengungkapkan penggunaan co-firing biomassa merupakan salah satu langkah menurunkan emisi karbon mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

“Melalui teknologi co-firing ini, PLN bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Menekan emisi karbon yang dihasilkan oleh PLTU, meningkatkan bauran energi yang ramah lingkungan hingga akhirnya mencapai tujuan nasional Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat,” tutup Iwan Agung.

MoU yang dilakukan di Jakarta tersebut dihadiri oleh Koordinator Investasi dan Kerja Sama Bioenergi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Trois Dilisusendi, Ketua Umum Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI), Milton Pakpahan, serta Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan (MKI) Kalimantan Barat, M. Ariyanto.

Trois Dilisusendi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada kedua pihak yang telah bersepakat memanfaatkan limbah tandan kosong kelapa sawit sebagai co-firing biomassa di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Baginya ini merupakan angin segar pertanda semakin banyak sumber olahan untuk co-firing.

”Kami dari Kementerian ESDM sangat mengapresiasi hal ini. Harapan kami, ini jadi hal baru yang digunakan di 52 PLTU PLN yang kami tugaskan untuk melakukan co-firing,” ujar Trois.

Baca juga: PLN dan KSOP Kupang berkomitmen dukung distribusi bahan bakar pembangkit listrik

Baca juga: Inovasi digital pelayanan PLN meraih dua penghargaan internasional










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN gandeng EKN manfaatkan limbah sawit jadi bahan bakar PLTU