Pelindo Maumere tanam 5.000 mangrove cegah abrasi pantai

id lingkungan,mangrove,pelindo,maumere,sikka,ntt,flores

Pelindo Maumere tanam 5.000 mangrove cegah abrasi pantai

PT Pelindo Cabang Maumere menanam bibit mangrove di pesisir pantai utara Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Mari sadar diri untuk peduli dengan lingkungan, karena ketika kamu peduli, merawat dan menjaga lingkungan, lingkungan akan menjagamu
Kupang (ANTARA) - PT Pelindo Cabang Maumere melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di pesisir pantai utara  Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Mangrove dapat menjaga area pesisir dari abrasi dan mendorong peningkatan kehidupan biota di sekitar lokasi tanam," kata General Manager Pelindo Maumere Erry Ardiyanto di Maumere, Kabupaten Sikka dalam rilis yang diterima di Sikka, Selasa, (19/12/2023).

Penanaman mangrove merupakan wujud kepedulian BUMN untuk Indonesia dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kecamatan Talibura menjadi lokasi penanaman mangrove, karena banyak warga yang tinggal di wilayah pesisir pantai. Selain itu, jalan raya utama menuju kabupaten tetangga, yakni Flores Timur juga berada di pinggir laut.

Pelindo juga mendukung pelestarian lingkungan yang dibuktikan dengan penanaman pohon, baik mangrove maupun tanaman lainnya.

Dengan menanam mangrove, kata Erry, wilayah itu dapat terhindar dari bahaya abrasi dan pengikisan pantai dari pasang surut air laut yang mengancam pemukiman warga di sekitar pesisir.

Penanaman mangrove itu telah dilakukan oleh pemangku kepentingan Pelindo dan pihak terkait lain, termasuk masyarakat pada Senin (18/12).

Erry menyampaikan penanaman mangrove itu memberi efek jangka panjang kepada masyarakat sekitar yang bekerja sebagai nelayan.

"Warga Talibura juga sudah mulai sadar, sehingga ada kelompok peduli pesisir yang kita bina dan kita dukung," ucapnya.

Lewat kegiatan itu, Erry berharap adanya komitmen bersama, baik segenap unsur pegawai di lingkungan Pelindo Maumere dan masyarakat untuk menjaga tanaman yang telah ditanam tersebut.

Baca juga: Polda NTT dan jurnalis tanam 1.870 mangrove peringati HUT Humas Polri

Dengan adanya komitmen bersama, Erry yakin penanaman itu tidak hanya menjadi sebuah seremonial belaka, namun bukti nyata yang diwariskan pada anak dan cucu.

Baca juga: PLN menjaga alam lewat penanaman 1.000 mangrove di Ende

"Mari sadar diri untuk peduli dengan lingkungan, karena ketika kamu peduli, merawat dan menjaga lingkungan, lingkungan akan menjagamu," katanya.