Kapolda salurkan 335 paket sembako untuk pengungsi Lewotobi

id Kapolda NTT,erupsi gunung api,Lewotobi erupsi

Kapolda salurkan 335 paket sembako untuk pengungsi Lewotobi

Kapolda NTT serahkan bantuan untuk korban eruspi. ANTARA/Humas Polda NTT

Pada kunjungan ini Kapolda NTT ingin memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kepedulian Polda NTT terhadap masyarakat yang terdampak...
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyalurkan 335 paket sembako untuk membantu korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Senin, (8/1/2024) mengatakan Kapolda juga menyerahkan 27 dus masker dan 202 alat atau kelengkapan mandi dan tidur untuk para korban eruspi Lewotobi.

"Pada kunjungan ini Kapolda NTT ingin memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kepedulian Polda NTT terhadap masyarakat yang terdampak," katanya.

Dia mengatakan Kapolda NTT bersama rombongan tiba di Larantuka pada Senin pagi untuk meninjau dan memberikan bantuan sosial kepada pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang.

Rombongan Kapolda NTT tidak hanya melibatkan pihak kepolisian, namun juga Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigadir Jenderal TNI Febriel Buyung Sikumbang dan Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadi Purwanto.

Kapolda NTT dan rombongan tiba di Bandara Gewayantana - Larantuka menggunakan pesawat Polisi jenis Cassa 212-200/P4101. Mereka disambut oleh Penjabat (Pj) Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi dan Forkopimda Flores Timur.

Usai kegiatan penyambutan, Kapolda NTT dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju tempat pengungsian di Desa Konga dan Boru Wulanggitang.

Dalam kunjungan tersebut selain menyapa para pengungsi, Kapolda NTT juga menyempatkan diri untuk mengecek perlengkapan milik Polda NTT yang digunakan untuk membantu korban erupsi.

Salah satu yang menarik perhatiannya adalah Ransus Watergen yang digunakan untuk menciptakan air mineral dari embun yang dapat dikonsumsi oleh para pengungsi.

Watergen merupakan sebuah teknologi alat yang dibawa oleh Satuan Brimob Polda NTT untuk mengubah udara menjadi air bersih melalui proses penguapan atau kondensasi tetesan embun. Air itu melewati proses penyaringan lalu ditampung untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat.




Baca juga: Pelni Larantuka salurkan bantuan bagi korban erupsi Gunung Lewotobi

Baca juga: SAR evakuasi warga terdampak erupsi Lewotobi yang berada di kebun

Baca juga: Danrem 161/Wira Sakti jamin layanan makanan bagi pengungsi erupsi