Pelni Larantuka salurkan bantuan bagi korban erupsi Gunung Lewotobi

id NTT,eruspi gunung api,Lewotobi, KOta Kupang

Pelni Larantuka salurkan bantuan bagi korban erupsi Gunung Lewotobi

Proses penyaluran bantuan sembako dari PT Pelni untuk korban erupsi gunung Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang. ANTARA/Ho-Pelni

Tidak seberapa namun kami harapkan bantuan beras itu bisa membantu masyarakat yang terdampak...
Kupang (ANTARA) - PT Pelni (Persero) Cabang Larantuka Kabupaten Flores Timur menyalurkan bantuan berupa satu ton beras untuk korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Tidak seberapa namun kami harapkan bantuan beras itu bisa membantu masyarakat yang terdampak," kata Kepala Cabang PT Pelni Larantuka Arfah Yusif ketika dihubungi ANTARA di Kupang, Senin, (8/1/2025).

Dia mengatakan bantuan yang disalurkan itu merupakan bentuk komitmen PT Pelni terhadap tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) dari BUMN kepada masyarakat.

Bantuan yang diberikan itu bagian dari kehadiran BUMN di tengah masyarakat yang terdampak bencana alam, khususnya di Kecamatan Wulanggitang.

"Kami harapkan agar bantuan yang sudah kami salurkan itu bisa bermanfaat dan didistribusikan ke masyarakat di area terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki," ujar dia.

Posko Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat data sementara jumlah pengungsi hingga pukul 18.00 Wita sebanyak 4.681 jiwa.

Jumlah ini terus bertambah setiap harinya, karena para pengungsi setiap hari mulai meninggalkan rumah mereka akibat erupsi Gunung Lewotobi yang terus mengeluarkan material vulkanik.

Sebanyak 4.681 jiwa dan 421 kepala keluarga (KK) berasal dari dua Kecamatan terdampak yakni Wulanggitang dan Ile Bura. Dari data yang ada, 2.456 jiwa tersebar pada enam titik tenda.

Sedangkan 2.225 jiwa tersebar pada rumah-rumah warga dan balai pertemuan di 13 titik desa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur, Ahmad Duli mengatakan BPBD Flores Timur telah memastikan kecukupan logistik baik makanan maupun alas tidur.

Berbagai bantuan juga terus berdatangan, baik dari BUMN, kelompok masyarakat, instansi-instansi terkait dan masyarakat umum.

Baca juga: Danrem 161/Wira Sakti jamin layanan makanan bagi pengungsi erupsi

Baca juga: Warga terdampak erupsi di Flores Timur capai empat ribu jiwa

Baca juga: PVMBG minta warga tidak melepas masker antisipasi gas belerang erupsi






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelni Larantuka salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Lewotobi