Sumba Timur optimalkan perekaman KTP bagi pemilih pemula

id Pemilu, ktp elektronik, sumba timur, ntt, pulau sumba

Sumba Timur optimalkan perekaman KTP bagi pemilih pemula

Perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Sumba Timur, NTT, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Kami terus mendorong masyarakat melalui pengumuman baik di grup, media sosial, maupun melalui siaran radio...
Kupang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengoptimalkan perekaman KTP elektronik bagi 11.834 orang pemilih potensial atau pemilih pemula untuk Pemilu 2024.
 
"Ada beberapa langkah yang kami lakukan, terus kita optimalkan agar mereka bisa menggunakan hak politik dan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumba Timur, Safriyanti Ina Dapadeda dari Waingapu, Sumba Timur, Minggu.
 
Ia menjelaskan daftar pemilih tetap Kabupaten Sumba Timur sebanyak 186.181 orang dengan jumlah pemilih potensial non KTP elektronik atau pemilih pemula sebanyak 11.834 orang yang tersebar pada 22 kecamatan dan 156 desa/kelurahan.
 
Untuk menyasar belasan ribu pemilih itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumba Timur memfasilitasi pemilih pemula untuk perekaman lalu menjalankan "jemput bola" perekaman di beberapa kecamatan.
 
Selanjutnya, kata dia, sesuai perintah Bupati Sumba Timur, layanan perekaman bagi pemilih pemula, wajib KTP usia 17 tahun yang belum perekaman, dan usia 16 tahun dipusatkan di kantor dinas itu setiap hari Senin hingga Minggu termasuk hari libur.
 
Ia menyebut layanan perekaman itu telah dimulai pada hari Kamis (18/1) dan akan berlangsung hingga 13 Februari 2024.
 
"Layanan diberikan dari jam delapan pagi sampai 12 malam, lalu petugas layanan perekaman kami buatkan jadwal piket secara bergilir," kata dia.
 
Berdasarkan data perkembangan perekaman per Jumat (2/2), progres perekaman telah mencapai 58,66 persen atau menyasar sebanyak 6.942 orang pemilih.
 
Ia menyebut sebanyak 4.892 orang belum melakukan perekaman, namun antusias masyarakat yang datang perekaman sangat tinggi baik karena kesadaran masyarakat sendiri maupun yang difasilitasi oleh pemerintah daerah.
 
"Kami terus mendorong masyarakat melalui pengumuman baik di grup, media sosial, maupun melalui siaran radio," ucapnya.



Baca juga: Perekaman KTP-el Manggarai Timur tertinggi se-NTT

Baca juga: Dukcapil Manggarai Barat genjot perekaman KTP-elektronik

Baca juga: Persentase perekaman KTP elektronik di Manggarai Barat capai 98 persen