PLN NTT berhasil listriki dua desa dan satu dusun di Kabupaten Manggarai

id PLN ,NTT,Kota Kupang,PLN NTT

PLN NTT berhasil listriki dua desa dan satu dusun di Kabupaten Manggarai

Sejumlah petugas memesang tiang untuk aliran listrik di Kabupaten Manggarai, ANTARA/Ho-Humas PLN UIW NTT

...Kami dari PLN senantiasa berusaha dan berjuang agar satu demi satu secara bertahap seluruh Desa atau Dusun yang ada di seluruh NTT dapat terlistriki dengan baik, katanya
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur berhasil aliri listrik dua desa dan satu dusun di Kabupaten Manggarai guna membantu peningkatan ekonomi masyarakat di tiga lokasi tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis, (22/2/2024) mengatakan bahwa dua desa tersebut adalah desa Ngalak dan Desa Lemarang, sementara dusunnya bernama Dusun Maki.

Dia mengatakan bahwa memberikan penerangan kepada masyarakat menyampaikan komitmen PLN menghadirkan listrik bagi seluruh warga dari Desa sampai Dusun se-NTT secara bertahap terus diupayakan PT PLN (Persero) UIW NTT bersama Pemerintah Daerah.

"Kami dari PLN senantiasa berusaha dan berjuang agar satu demi satu secara bertahap seluruh Desa atau Dusun yang ada di seluruh NTT dapat terlistriki dengan baik," katanya.

Menurut dia, dukungan masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemerintah Daerah selalu dirasakan sehingga pekerjaan listrik desa dan listrik dusun selama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dia menambahkan bahwa listrik bukan hanya sebuah sumber energi, tetapi juga kunci untuk mengakselerasi pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat," ungkap Sindu.

Kehadiran listrik di dua desa dan satu dusun itu berawal saat pada awal tahun 2022, Pemda dari Camat Reok Barat, Kepala Desa Ngalak dan Desa Lemarang bersama-sama dengan Tokoh Masyarakat datang ke kantor PLN Unit Pembangunan dan Pelaksana Kelistrikan (UP2K) Flores untuk menyampaikan permintaan agar listrik dapat masuk di Desa Ngalak dan Lemarang dan Dusun Maki – Kajong.

Sambutan dan antusias dari Masyarakat Desa Ngalak , Desa Lemarang, dan Dusun Maki - Kajong membuat PLN lebih semangat untuk segera menyelesaikan pembangunan jaringan listrik ke lokasi – lokasi tersebut.

Dibalik itu semua, ada satu hal yang sangat penting yaitu bahwa pembangunan jaringan listrik ini dapat berjalan dengan baik dan terealisasi karena dukungan yang mengalir baik dari Masyarakat Desa Ngalak, Lemarang dan Dusun Maki-Kajong maupun dari Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Kabupaten sampai Dusun.

Untuk menjangkau listrik ke 2 Desa 1 Dusun ini, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 16.14 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 22.78 kms, 5 unit Gardu Distribusi dengan kapasitas 250 kVA

Bupati Manggarai Herybertus Nabit menyampaikan kebahagiaannya karena Desa-Desa atau Dusun-Dusun di Kabupaten Manggarai, satu persatu sudah dialiri listrik.

“Dengan ini saya menyatakan kebahagiaan dan kebanggaan atas peresmian listrik di Desa Ngalak, Lemarang dan Dusun Maki Desa Kajong, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai.

Menurut dia, dengan tersedianya listrik di Desa Ngalak, Desa Lemarang dan Dusun Maki Desa Kajong, masyarakat sekarang dapat menikmati akses ke berbagai fasilitas dan layanan yang lebih baik, seperti penerangan, penggunaan peralatan elektronik, dan pengembangan usaha mikro.

Baca juga: Pohon tumbang timpa tiang listrik di Kecamatan Sano Nggoang, Mabar

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, PLN, serta seluruh masyarakat Desa Ngalak, Desa Lemarang, dan Dusun Maki Desa Kajong, yang telah bersama-sama berpartisipasi dalam mewujudkan impian ini.

Baca juga: PLN NTT siagakan 1.170 personel cegah gangguan saat Pemilu
Baca juga: PLN NTT pastikan keandalan pasokan listrik hingga selesai Pemilu 2024
Baca juga: PLN beri promo tambah daya Tahun Baru hanya Rp271.023


Semoga listrik di Desa Ngalak, Lemarang dan Dusun Maki Desa Kajong, menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Mari kita bersama-sama membangun masa depan yang lebih cerah untuk generasi mendatang," kata dia.