Telkomsel danTelkom gelar 'Solution Day' 2024 perkenalkan bisnis berbasis digital

id telkomsel,solution day 2024,bisnis digital

Telkomsel danTelkom gelar 'Solution Day' 2024 perkenalkan bisnis berbasis digital

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho dalam pembukaan acara Solution Day 2024 yang merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom. Mengusung tema ‘Lead the Moment, Accelerate Business Growth’, gelaran ini menjadi wadah bagi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. (ANTARA/HO-Telkomsel)

...Kami berharap melalui gelaran Solution Day 2024, para pelanggan segmen koporasi dan industri dapat membuat langkah berani mengambil aksi dalam mengakselerasikan transformasi digital perusahannya melalui pemanfaan solusi digital terkini dari ekosis
Kupang (ANTARA) - Telkomsel--perusahaan telekomunikasi digital terdepan bersama Telkom menggelar Solution Day 2024 yang merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom.

"Untuk memperkuat perannya dalam mendorong transformasi digital di sektor korporasi dan industri, sekaligus mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi terkini, Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024 di Jakarta (22/2), yang merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom," ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (23/2/2024). 

"Solution Day" 2024 mengusung tema ‘Lead the Moment, Accelerate Business Growth’. Gelaran Solution Day menjadi wadah bagi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya dengan memanfaatkan ragam solusi digital terkini. Gelaran tersebut juga mempertegas komitmen Telkomsel untuk menjadi digital telco service provider terbaik di regional dengan konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif terdepan dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R mengatakan, “Telkom Group berkomitmen terus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan enterprise dalam mendorong pertumbuhan bisnisnya, melalui digitalisasi proses, layanan dan platform sehingga meningkatkan produktifitas dan efisiensi. 

"Diperkuat dengan infrastruktur yang andal, anak perusahaan yang kapabel diantaranya Telkomsel, dan juga puluhan mitra global terpercaya, Telkom Group telah membuktikan mampu membawa transformasi digital baik bagi pelanggan, masyarakat maupun pemerintahan," katanya.
 
Dia mengatakan melalui Telkomsel Solution Day 2024, kami ingin memberikan wawasan kepada para pelanggan dalam beragam use case, khususnya mobile solution dari Telkomsel, yang diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di seluruh industri dan mengoptimalkan potensi bisnis dalam mendorong perekonomian Indonesia.”

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menambahkan, Sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi, Telkomsel Enterprise sebagai salah satu  product factory bisnis Telkom Group berkomitmen menghadirkan ragam solusi inovatif, baik horizontal maupun vertical yang dikembangkan berdasarkan tren industri dan kebutuhan para pelaku bisnis, di mana dengan hadirnya gelaran Solution Day 2024 akan menjadi wadah inspiratif yang berfokus pada penerapan inovasi solusi digital komprehensif dan esensial dalam mengakselerasi bisnis sekaligus menciptakan nilai tambah yang berdampak positif bagi para pelanggan Telkom Group di segmen korporasi.

Gelaran Solution Day 2024 menghadirkan rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan solusi digital terkini melalui kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking. Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024, di mana solusi-solusi tersebut terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal. 

Lima showcase vertikal bisnis yang dijadikan fokus pada gelaran Solution Day 2024 antara lain Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur. Untuk tujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital yakni Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud and Security Solution.

Kemudian, setelah terjalinnya kolaborasi bersama google beberapa waktu lalu dalam pemanfaatan layanan Rich Communication Services (RCS), kini Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih  sebagai the Next Generation of Messaging Services yang memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Pelanggan segmen korporasi juga dapat menggunakan fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RCS Business Messaging (RBM) kepada konsumen melalui pesan yang lebih kaya dan interaktif sesuai kebutuhan bisnis. Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.

Tak hanya itu, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi Generative AI guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).
 
Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam dan VP Digital Advertising, Wholesale and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya menunjukkan beberapa showcase horizontal bisnis yang ada pada pagelaran Solution Day, antara lain beberapa solusi Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Cloud and Security Solution (ANTARA/HO-Telkomsel)


Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien, sehingga dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital. 

Solusi Digihub ini juga memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan penyedia API telekomunikasi berbasis standar CAMARA di Indonesia. Salah satu API yang saat ini tersedia di Digihub berbasis standar CAMARA dan dapat diakses secara komersial adalah API SIM Swap yang penggunaannya dapat mendukung pelaku industri digital dalam menjaga keamanan layanan digital. Informasi lebih lanjut terkait layanan Digihub bisa diakses melalui http://tsel.id/digihub.

Bersamaan dengan gelaran Solution Day 2024, Telkomsel juga menandatangani nota kesepahaman bersama beberapa perusahaan seperti kerja sama di bidang Infrastructre as a Service bersama PT Kalimantan Industrial Park Indonesia, kerja sama di bidang Connected Smart Highway Ecosystem bersama Jasamarga Toll Road Operator dan kerja sama pemanfaatan RCS Business Messaging (RBM) bersama PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Kerjasama ini mempertegas komitmen Telkomsel untuk melayani pelanggan segmen korporasi untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. 

“Kami berharap melalui gelaran Solution Day 2024, para pelanggan segmen koporasi dan industri dapat membuat langkah berani mengambil aksi dalam mengakselerasikan transformasi digital perusahannya melalui pemanfaan solusi digital terkini dari ekosistem layanan bisnis Telkomsel Enterprise dan Telkom dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya secara berkelanjutan. Telkomsel dan Telkom berkomitmen untuk senantiasa menjadi mitra terdepan yang memberikan dukungan kepada pelanggan segmen korporasi melalui insight bisnis, data terkini, strategi esensial, hingga solusi inovatif yang dapat membantu pelaku bisnis memanfaatkan setiap peluang dalam menghadapi tantangan lanskap bisnis yang terus berubah,” tutup Nugroho.

Pelanggan bisnis dari segmen korporasi, industri dan sektor UMKM dapat mengakses informasi mengenai ragam solusi digital terbaik dari Telkomsel Enterprise dan Telkom melalui laman tsel.id/enterprise dan https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID.