Kapolda NTT cek kesiapan peralatan untuk pengamanan pilkada

id NTT, Kota Kupang,Pilkada 2024,POlda NTT

Kapolda NTT cek kesiapan peralatan untuk pengamanan pilkada

Kapolda NTT Irjen Pol Daniel Tahi Monang saat mengecek robot penjinak bom di lapangan Mapolda NTT. ANTARA/HO-Humas Polda NTT

...Tujuan pengecekan ini adalah untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan sarana serta prasarana dinas yang ada di Polda NTT, mengingat akan masuk dalam tahapan pilkada yang memerlukan kesiapan ekstra dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas, katanya
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengecek kesiapan alat material khusus milik Polri dalam rangka pengamanan pilkada serentak yang akan digelar pada November 2024.

"Tujuan pengecekan ini adalah untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan sarana serta prasarana dinas yang ada di Polda NTT, mengingat akan masuk dalam tahapan pilkada yang memerlukan kesiapan ekstra dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas," katanya kepada wartawan di Kupang, Senin, (29/4/2024).

Orang nomor satu di Mapolda NTT itu mengatakan bahwa pentingnya pengecekan ini sebagai persiapan menyeluruh setelah rangkaian kegiatan pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota DPR yang memanfaatkan semua peralatan.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa peralatan yang sudah digunakan dalam pemilihan sebelumnya masih berfungsi dengan baik atau perlu diganti,"ujarnya.

Selain itu, ia menekankan bahwa sarana dan prasarana yang siap digunakan merupakan hal yang krusial dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, terutama dalam konteks pengamanan pilkada yang akan datang.

Mantan Kapolda Papua Barat itu menambahkan bahwa dari hasil pengecekan menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dan disempurnakan lagi.

Namun Kapolda optimistis bahwa waktu luang yang ada dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan melengkapi alat-alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan agar semuanya siap digunakan saat pelaksanaan pilkada.

Baca juga: Bawaslu sebut Pilkada 2024 berbeda dengan sebelumnya

Pengecekan yang dilakukan meliputi berbagai jenis kendaraan bermotor, speedboat, Tim K9 (Satwa Anjing pelacak), senjata api, dan peralatan lainnya. 

Baca juga: KPU NTT sebut caleg terpilih wajib mundur jika maju Pilkada

Baca juga: Johny Asadoma harapkan dukungan PAN untuk maju jadi Bakal Cagub NTT


Dengan demikian, pengecekan alat material khusus Polri Polda NTT ini merupakan langkah yang penting dalam memastikan kesiapan dan kelengkapan dalam menghadapi tantangan keamanan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pilkada di wilayah tersebut.