Daftar pilkada Kota Kupang, Serena menjawab Tantangan Generasi Milenial

id NTT, Kota Kupang,Serena Francis,Pilkada Kota Kupang

Daftar pilkada Kota Kupang, Serena menjawab Tantangan Generasi Milenial

Serena Cosgrova Francis. ANTARA/Ho-Dokumentasi Pribadi

Tujuannya jelas, menghadirkan diri dan memberi diri sebagai jembatan aspirasi anak-anak muda dan milenial NTT,
Kupang (ANTARA) - Kader Muda Partai Gerindra Serena Cosgrova Francis mendaftar menjadi bakal Calon Wali Kota di DPC Partai Gerindra Kota Kupang, Selasa, guna menjawab tantangan generasi milenial yang ada di Ibu Kota Provinsi NTT itu.

Ketua Tim Pemenangan Sobat Serena (Sober) Ivan Rade saat mendaftarkan Serena di Kantor DPC Gerindra Kota Kupang, Selasa mengatakan bahwa Serena adalah calon potensial untuk maju sebagai calon Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Kupang  pada November 2024 mendatang.

"Serena adalah representasi anak muda, kaum milenial NTT yang berani beralih dari zona nyaman orang muda ke medan pertarungan politik yang serba kompleks. Tujuannya jelas, menghadirkan diri dan memberi diri sebagai jembatan aspirasi anak-anak muda dan milenial NTT," katanya.

Tidak heran jika sejumlah masyarakat Gen Z dan Milenial menilai putri politisi senior Fary Francis dan Yoka O Johannes ini bisa menjadi jembatan aspirasi kelompok Milenial dan Gen Z.

“Aspirasi, harapan dan obsesi anak-anak muda di NTT harus disalurkan pada tempat yang tepat dan tentunya oleh orang yang tepat. Aspirasi dan harapan anak-anak muda NTT perlu disuarakan dan diperjuangkan di level-level pengambil kebijakan baik eksekutif,” ujar Stefanos Don Rade milenial kota Kupang  saat diminta pendapatnya tentang Serena.

Deretan aktivitas yang dilakukan Serena yang saat ini sedang menyelesaikan Master Internasionational Development  di Birmingham University UK, peduli Sepakbola NTT. Ia memulai debut sosialnya ikut mendirikan Sekolah Sepakbola (SSB) Bintang Timur Atambua  (BeTA) , SSB BeTA Nekamese Kupang, SSB BeTA Soe Generation, SSB BeTA Bajawa yang di dalamnya terdapat Akademi sepakbola dan Klub Bintang Timur Atambua. 

Kehadirannya sebagai Maneger di BeTA Atambua 3 tahun silam mencatat prestasi tertinggi di tahun 2023 sejak didirikan 9 tahun silam. Tampil sebagai runner-up El Tari Memorial Cup 2023 di Kabupaten Rote Ndao dan runner-up Piala Soeratin Cup U-17 2023 di Kabupaten Ngada. Bagi Rena begitu dia disapa, sepakbola bukan sekadar hobi apalagi mengisi waktu luang. 

Selain punya perhatian terhadap kemajuan olahraga  Serena juga peduli pendidikan dan Lingkungan Hidup. Perhatian ini tertanam di jiwanya sejak kuliah di Universitas Indonesia, ia menggagas ide terbentuknya Lembaga Timor Belajar untuk mendampingi anak - anak sekolah terutama di desa - desa pinggiran NTT, dengan mendirikan mendirikan forum Aksi Flobamora, 2020.

Baca juga: Serena Francis luncurkan buku tentang Prabowo
Baca juga: Cerita Serena dibalik kehadiran KMP Dharma Kartika V di Kupang

Timor Belajar menggalang dana, menyediakan buku dan memberikan policy brief kepada Pemerintah Daerah sehingga dapat membantu siswa di NTT terkait masalah pendidikan. Serena memfasilitasi 3000 kuota beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk SMP, SMA, SMK dan Kampus di NTT pada tahun 2023 yang mana sudah terealisasi semuanya. 

Kiprah Serena kian jauh. Ditopang motivasi untuk memajukan daerahnya di NTT, ia  aktif menyalurkan program CSR BUMN dan program dari beberapa yayasan baik nasional maupun internasional. Di Sumba misalnya, Serena mewujudkan mimpi warga Rindi Sumba Timur bahwa sumber air su dekat. Predikat Duta CSR BUMN patut disematkan pada gadis yang akan memasuki batas usia minimum saat Pilkada dilakukan.

Tahun 2021 Serena bergabung dengan PT. PINDAD (Persero) sebagai Marketing & Sales Internship. PT. Pindad adalah perusahaan BUMN yang bergerak pada industri pertahanan Indonesia khususnya dalam pembuatan produk-produk militer dan komersial. Di perusahaan ini, Serena bertanggung jawab dalam melakukan penelitian terhadap analisis pasar Asia Selatan dengan mengumpulkan informasi geografis dan melakukan survey klien atau pasar untuk mendapatkan informasi tentang calon pelanggan.  

Selain aksi sosial, Serena mengikuti jejak sang ayah terjun di gelanggang politik praktis melalui partai besutan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Di partai Gerindra, ia bergabung dengan salah satu sayap Partai Gerindra TIDAR (Tunas Indonesia Raya) sebagai wakil ketua pengurus daerah TIDAR Provinsi NTT. 

Majunya Serena diajang Pilkada Kota Kupang mendapat respon dan dukungan dari Ketua Umum TIDAR Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.  Saras begitu putri Hasyim Djojohadikusumo ini disapa, mengajak milenial kota Kupang untuk mendukung kader terbaiknya di ajang pilkada Kota Kupang.

Serena juga aktif sebagai pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) NTT, dengan posisi sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Kelautan. Serena masuk dalam organisasi Pemuda Tani Indonesia sebagai Wakil Ketua Umum bidang hubungan kerja sama antar lembaga pusat Pemuda Tani Indonesia.