Polres Mabar berikan layanan kesehatan gratis bagi lansia

id Polres Manggarai Barat,Kesehatan Gratis, Lansia, ODGJ, disabilitas, Bhayangkara

Polres Mabar berikan layanan kesehatan gratis bagi lansia

Pelayanan kesehatan gratis oleh Polres Mabar dalam rangka hari Bhayangkara ke-78 tahun di Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Humas Polres Manggarai Barat)

Kegiatan peduli terhadap kesehatan masyarakat ini dilakukan juga dalam rangkaian menyambut hari Bhayangkara ke-78 tahun...
Labuan Bajo (ANTARA) - Aparat Polres Manggarai Barat (Mabar), Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur memberikan layanan kesehatan gratis bagi sejumlah warga lansia, penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Labuan Bajo.
 
"Kegiatan peduli terhadap kesehatan masyarakat ini dilakukan juga dalam rangkaian menyambut hari Bhayangkara ke-78 tahun," kata Kapolres Mabar AKBP Ari Satmoko di Labuan Bajo, Jumat, (21/6/2024).
 
Kegiatan yang diinisiatif oleh Seksi kedokteran dan kesehatan (Sidokkes) Polres Manggarai Barat itu berlangsung di dua lokasi yakni Panti Asuhan Disabilitas Biara Misionaries of the Poor (MOP) Labuan Bajo dan Biara Kkottongnae Indonesia Cabang Labuan Bajo.
 
Selain melakukan kunjungan dan memberikan pelayanan kesehatan, dalam kegiatan tersebut pihak kepolisian juga memberikan dukungan moral kepada masyarakat, khususnya Lansia, penyandang disabilitas dan ODGJ.
 
"Kami berkomitmen untuk tidak hanya menjaga kesehatan anggota kami, tetapi juga membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang memiliki keterbatasan fisik maupun gangguan mental," katanya.
 
Bakti kesehatan itu, lanjut dia, adalah salah satu bentuk rasa syukur karena kehadiran Polri masih sangat dinanti dan diharapkan oleh masyarakat.
 
"Ini cara kami dalam mengucap syukur atas segala nikmat yang Tuhan berikan. Polri masih tetap dicintai oleh masyarakat. Polri ada karena ada masyarakat yang dilayani," katanya
 
Mantan Kapolres Alor itu juga menjelaskan layanan kesehatan tersebut berupa konsultasi dokter, pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan gigi, serta pengecekan kolesterol, gula darah, dan asam urat.

Baca juga: Polres Mabar gelar turnamen futsal pererat persatuan pemuda
 
Pemeriksaan ini ditujukan kepada 21 orang penyandang disabilitas dan 29 orang Lansia termasuk ODJG, dengan total peserta mencapai 50 orang.

Baca juga: Polres Mabar kerahkan ratusan personel amankan Shalat Idul Adha 2024
 
"Kami berusaha menghadirkan layanan kesehatan yang umum dibutuhkan, terutama bagi mereka yang membutuhkan perhatian khusus. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.